Penilaian AFC, PSSI Lebih Baik dari Filipina dan Singapura

Kantor PSSI di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA/Hafidz Mubarak A.

VIVA.co.id – Geliat sepakbola nasional yang kembali memuncak selama turnaman Piala AFF 2016 seolah kembali memberikan gairah tersendiri usai pencabutan sanksi dari FIFA. Situasi ini pun dirasa menjadi stimulus bagi langkah tim nasional Indonesia ke depannya.

Momen Tegang dan Panik Saat Bus Pawai Timnas U-22 Masuk Terowongan Semanggi

Namun, ada fakta menarik yang tak banyak diketahui oleh publik bahwa ternyata Indonesia memiliki catatan “lumayan” dalam kategori umum performa (tim nasional dan klub) di kancah Asia selama 4 tahun belakangan. Hal itu pula yang membuat Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia memiliki peringkat cukup baik dalam AFC Member Association Ranking.

Hingga update terakhir pada Desember 2016 yang dilansir situs AFC, PSSI sebagai federasi ditempatkan di urutan ke 21 dari 46 negara anggota AFC.

5 Fakta Marselino Ferdinan, Pemain Timnas yang Lagi Viral

Member Association Ranking memiliki rumus perhitungan berbeda dengan peringkat resmi FIFA, dan merupakan kalkulasi kolektif performa tim nasional dan klub hanya di level Asia. Dengan posisi tersebut, Indonesia berasal di atas Myanmar (24), Filipina (25) dan Singapura (27) bahkan juga dari Korea Utara (30).

Adapun komposisi perhitungannya adalah 70 persen hasil dari pencapaian klub ditambah dengan 30 persen performa tim nasional atau ranking FIFA sebuah negara.

5 Fakta Iwan Bule Trending di Twitter Karena Unggahan Situs PSSI

Dengan pencapaian Persipura Jayapura yang sukses melaju hingga semifinal AFC Cup 2014 lalu, tampaknya memberikan dampak yang signifikan pada posisi Indonesia yang sempat satu tahun mendapat sanksi FIFA sepanjang pertengahan 2015 hingga 2016 lalu.

Ada pun negara-negara ASEAN lain yang peringkatnya berada di atas Indonesia antara lain adalah Thailand (12), Vietnam (16) dan Malaysia (17).

Daftar ranking asosiasi sepakbola Asia versi AFC November 2016

Skema penilaian AFC Member Association Ranking

Skema penilaian AFC Member Association Ranking

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya