Ingin Jadi WNI, Begini Silsilah Pemain Ajax di Indonesia

Calon pemain naturalisasi Indonesia, Ezra Walian
Sumber :
  • Instagram

VIVA.co.id – Kerabat dekat Ezra Walian membantah kabar pemain klub Ajax Amsterdam itu sudah menjadi warga negara Indonesia (WNI). Tapi tak menampik keinginan sang pemain berkostum Timnas Indonesia.

Masih Ingat 34 Pemain Pertama Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia, Ada M Tahir hingga Andritany

Kerabat Ezra, Vian Rondonuwu, mengatakan, hingga saat ini proses naturalisasi masih berjalan dan belum tuntas. "Kalau ada info Ezra sudah jadi pemain naturalisasi dan sudah berstatus WNI, itu tidak benar," katanya di Manado, Sabtu 14 Januari 2017.

Vian mengungkapkan, Ezra memang berkeinginan menjadi WNI dan menyerahkan semuanya ke pemerintah Indonesia, khususnya Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Shin Tae-yong Blak-blakan Akui Indonesia U-23 Kesulitan Tatap Piala Asia U-23

Waktu lalu sudah ada surat rekomendasi yang dikeluarkan menpora dan ditujukan kepada menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia. “Ezra beberapa kali sempat berkomunikasi dengan saya bahwa dia punya keinginan untuk memperkuat timnas dan mengenakan seragam merah putih,” ujar Vian.

Lalu, bagaimana silsilah Ezra dengan Indonesia?

Iran Serang Israel, Ini Imbauan KBRI Teheran pada WNI

Pemain 19 tahun itu merupakan pemain sepakbola kelahiran Amsterdam, Belanda, dari ayah bernama Glen Walian yang merupakan pria asal Tomohon dan ibu bernama Linda Bos yang merupakan wanita asli Belanda.

Ezra berasal dari Keluarga Besar Walian-Lengkong. Keluarganya banyak tinggal di Kelurahan Kamasi, Tomohon.

“Ayah Ezra, Glenn Walian adalah seorang ahli ekonomi lahir di Jakarta, pindah ke Belanda bersama Oma-Opa Ezra yang dahulu seorang bankir asli Manado," cerita Vian.

"Ezra anak bungsu dari tiga bersaudara, tertua bernama Dewi Walian seorang ahli hukum, kedua bernama Lizzy Walian, seorang master business administration,” tuturnya.

Saat ini, Ezra tinggal di daerah Nieuw-Veneep Provinsi Noord Holland (Belanda Utara) dan sempat beberapa kali pulang ke Manado.

Juli 2013, semasa Gubernur Sulut, Sinyo Harry Sarundajang, pernah diundang ke Rumah Dinas Gubernur dan sempat berlibur di Manado. Terhitung tiga kali Ezra berlibur ke kampung halamannya tersebut. Namun, hampir setiap tahun ke Manado dan dua tempat selalu disinggahi selain Manado, yakni Jakarta dan Bali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya