Manajer Timnas: Indonesia 89 Persen Batal Ikut ISG 2017

Winger Timnas Indonesia U-22, Febri Hariyadi (kostum putih)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA.co.id – Timnas Indonesia U-22 hampir pasti takkan ikut serta dalam ajang Islamic Solidarity Games (ISG) 2017 Baku, Azerbaijan. Beberapa masalah jadi kendala Tim Garuda Muda untuk bisa mengikuti ajang tersebut.

Lionel Messi Absen, Timnas Argentina Bantai Kosta Rika

Dalam berita sebelumnya, Timnas Indonesia U-22 sebenarnya akan menjadikan ajang ISG 2017 sebagai persiapan menuju SEA Games 2017 Kuala Lumpur. Namun menurut keterangan Komite Olahraga Indonesia (KOI), panitia penyelenggara ISG 2017  (AISGOC), menerapkan regulasi baru soal keikutsertaan tim di cabang olahraga sepakbola. 

Regulasi baru tersebut terkait dengan peringkat minimal FIFA setiap tim, yang jadi syarat untuk bisa bermain di ajang ISG 2017. Indonesia yang saat ini berada di posisi 167, disebut tak memenuhi persyaratan tersebut.

4 Negara Eropa Ini Bersumpah Siap Akui Palestina sebagai Negara Merdeka, Ini Alasannya

Batalnya Timnas Indonesia U-22 tampil di ajang ISG, membuat PSSI harus mengubah seluruh jadwal pemusatan latihan dan uji coba. Terutama, soal jadwal pemusatan latihan di Spanyol. Semula, Timnas Indonesia akan berangkat ke Spanyol guna menyiapkan diri di ajang ISG 2017. 

Lantaran batal, jadwal keberangkatan Timnas ke Spanyol pun harus diundur. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Manajer Timnas Indonesia, Endri Erawan

Usai 2 Kali Imbangi China, Indra Sjafri Ungkap Program Selanjutnya Timnas Indonesia U-20

"Untuk keikutsertaan di ISG 89 persen batal. Karena, hari ini sudah ada drawing di sana. Kalau nama kita (Timnas Indonesia U-22) tidak ada, kami dipastikan batal ke sana. Sebenarnya kan ke Spanyol (pemusatan latian) adalah persiapan untuk ISG, tapi karena batal, jadi kita harus reschedule semuanya," ujar Endri kepada wartawan, Kamis 6 April 2017 WIB.

"(Pemusatan latihan di Spanyol) bukan tidak jadi, tapi diundur. Kemungkinan nanti setelah lebaran kita baru akan berangkat ke sana," katanya.

Hingga saat ini, Timnas Indonesia U-22 masih belum maksimal dalam dua laga uji coba. Evan Dimas cs takluk dari Myanmad 1-3 di uji coba pertama, dan hanya mampu bermain imbang 0-0 kontra Persija Jakarta. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya