Pengorbanan Besar Pemain Timnas Indonesia U-16

Timnas Indonesia U-16 juara turnamen Tien Phong Plastic Cup 2017 di Vietnam
Sumber :
  • Twitter/@pssi__fai

VIVA.co.id – Pemain Tim Nasional Indonesia U-16 melakukan pengorbanan. Mereka terpaksa tidak merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga masing-masing di tahun ini.

Seleksi Indonesia U-16, Pemain Langsung Tes Fisik

Skuat asuhan Fachry Husaini harus tetap berada di asrama pemusatan latihan Timnas U-16 di Cijantung, Jakarta ketika masyarakat Indonesia lainnya merayakan hari kemenangan.

(Baca juga: Demi Timnas, Dua Bintang Rela Tak Lebaran Bersama Keluarga)

Seleksi Indonesia U-20 dan U-16 di Medan Diikuti 1.200 Peserta

Semua itu dilakukan karena waktu menuju Piala AFF U-15 di Thailand sudah mepet. Hamsa Lestaluhu dan kawan-kawan dalam dua pekan ke depan akan digenjot latihan agar bisa tampil maksimal.

"Lebaran pemain tetap akan di sini. Malam lebaran saya akan merayakan di sini bersama anak dan Istri. Kami Salat Ied bersama-sama, makan ya menu lebaran. Anak-anak bisa bebas, nanti saya minta dokter tim," kata Fachry.

Nova Arianto Ungkap Pesan Shin Tae-yong, Sebut-sebut Pemain Titipan

Guna mengatasi kerinduan para pemain kepada orang tua masing-masing, Fachry sebenarnya memiliki rencana untuk mendatangkannya ke Jakarta. Namun, dia belum bisa memastikan apa bisa terwujud.

Memang tidak semua pemain yang mesti berlebaran di asrama pemusatan latihan. Bagi mereka yang berdomisili di Jakarta, Fachry memberi kesempatan mereka untuk pulang ke rumah.

"Untuk pemain-pemain yang di Jakarta kami izinkan pulang. Mereka akan pulang H-1, jadi kalau lebaran tanggal 25 Juni maka pulang tanggal 24 Juni. Dan tanggal 26 Juni mereka harus kembali dan berlatih sampai berangkat ke Thailand," ujarnya.

(Baca juga: Jadi Top Scorer, Bomber Timnas U-16 Belum Puas)

Dengan rata-rata pemain berusia 15 tahun, merayakan lebaran tidak bersama keluarga tentu tidak biasa bagi mereka. Akan tetapi, mereka rela melakukannya demi bisa memberi prestasi kepada publik Tanah Air.

Di ajang Piala AFF U-15 2017, Timnas U-16 tergabung di Grup A, bersama dua tim kuat, Australia dan Thailand. Selain itu, ada pula Myanmar, Laos, dan Singapura. Timnas U-16 akan melakoni laga perdana kontra Myanmar pada 19 Juli 2017, di Princess Sirindhorn Stadium.

Tim berjuluk Garuda Asia baru saja menorehkan prestasi gemilang saat tampil di ajang Tien Phong Plastic Cup 2017, pekan lalu. Mereka menjadi juara dengan statistik 16 kali membobol gawang lawan, dan hanya dua kali kebobolan. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya