Timor Leste Minim Bekal saat Tantang Timnas Indonesia U-22

Skuat Timnas Indonesia di ajang SEA Games 2017
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA.co.id – Tim nasional Indonesia menjalani pertandingan ketiga di Grup B SEA Games 2017 Kuala Lumpur. Skuat Garuda Muda akan ditantang Timor Leste di Stadion Selayang, Minggu 20 Agustus 2017.

Undian Piala AFF U-23 2023: Indonesia Tergabung di Grup B

Pelatih Timor Leste, Kim Shin-hwan tak terlalu banyak bicara menghadapi laga ini. Mereka cuma memiliki bekal minim ketika melawan Timnas U-22 yang sedang dalam tren positif.

"Mereka juga mau menang, dan kami ingin serius dalam bermain. Tidak ingin memikirkan menang atau kalah. Main saja yang serius," tutur Shin-hwan, dalam jumpa pers jelang pertandingan, Sabtu 19 Agustus 2017.

Manajer Timnas Sesuaikan Visi dengan Shin Tae-yong di SEA Games 2021

Saat ini Timor Leste menjadi tim penghuni juru kunci Grup B. Dari dua kali berlaga, mereka mengalami kekalahan. Yang pertama didapat ketika menghadapi Vietnam.

Skuat asuhan Shin-hwan ketika itu menyerah empat gol tanpa balas. Di pertandingan kedua, Timor Leste tampil mengejutkan. Mereka membuat Thailand, sebagai tim unggulan di ajang ini cuma mampu menang tipis 1-0.

Ngeri, Timnas Indonesia U-22 Diadu Dua Raksasa Sepakbola Dunia

Melawan Timnas U-22, modal Timor Leste memang sekadar bermain serius. Tetapi, skuat asuhan Luis Milla Aspas juga tetap mesti waspada.

Mereka dituntut bisa membawa tiga poin dari pertandingan ini, serta mencetak banyak gol. Penentuan klasemen dengan mengutamakan selisih gol menjadi faktor yang menuntut untuk itu.

Latihan Timnas Indonesia U-22 Jelang Lawan Timor Leste

"Saya meminta para pemain untuk seperti biasa bermain cepat untuk dapat membongkar pertahanan tim lawan. Pemain kami juga diminta cepat sirkulasi bola dan cepat masuk ke belakang area Timor Leste," tutur asisten pelatih Timnas U-22, Bima Sakti.

Pemain Timor Leste Jebolan Klub LaLiga

Timor Leste memang tidak boleh dianggap enteng oleh Timnas U-22. Karena dalam skuat mereka terselip satu nama pemain yang merupakan jebolan klub LaLiga, Malaga.

Dia adalah Kornelis Nahak Portela. Meskipun baru berusia 17 tahun, akan tetapi kemampuannya dalam menceploskan bola ke gawang lawan tidak perlu diragukan lagi.

Dalam laman sepakbola Inggris, namanya bahkan masuk ke daftar pemain muda yang diprediksi bakal bersinar dalam beberapa tahun ke depan.

Bakatnya sudah tercium oleh Malaga sejak dia berusia 13 tahun. Karena itulah, Shin-hwan tak ragu menjadikannya salah satu penggawa Timor Leste ketika berlaga di Kualifikasi Piala Asia U-23 lalu.

Dengan bakat yang ada, Timor Leste membuat kejutan di dua laga terakhir Kualifikasi Piala Asia U-23. Mereka mampu menahan imbang tanpa gol Korea Selatan, dan menang telak 7-1 saat berhadapan dengan Macau.

Prakiraan susunan pemain

Timnas Indonesia U-22: Kurniawan Kartika Ajie; Putu Gede Juni Antara, Hansamu Yama Pranata, Ricky Fajrin, Asnawi Mangkualam Bahar, Evan Dimas Darmono, Septian David Maulana, Osvaldo Haay, Ezra Walian, Febri Hariyadi

Timnas Timor Leste U-22: Fagio Augosto; Andelino De Oliviera, Jorge Sabas, Nelson Viegas, Gumario Moreira, Kornelis Nahak Portela, Nataniel Reis, Jorge Alves, Rufino Gama, Danilson Conceicao, Henrique Cruz

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya