5 SEA Games Terakhir, Lebih Baik Indonesia atau Malaysia?

Pertandingan persahabatan antara Timnas U-23 Indonesia dan Malaysia U-23
Sumber :
  • ANTARA/Novrian Arbi

VIVA.co.id – Tim nasional Indonesia U-22 bakal menghadapai Malaysia di babak semifinal SEA Games 2017 Kuala Lumpur. Kedua tim akan bentrok di Shah Alam Stadium, Sabtu 26 Agustus 2017 malam waktu setempat.

Mantan Pemain Malaysia Puji Timnas Indonesia: Mereka Kerja saat Kami Istirahat

Pertandingan nanti diprediksi bakal menyedot perhatian yang besar dari publik kedua negara. Apalagi, sejak pembukaan ajang dua tahunan ini, muncul sebuah kontroversi.

Dalam buku panduan SEA Games 2017, bendera Merah Putih kebanggaan Indonesia dicetak terbalik. Sontak publik Tanah Air meradang dibuatnya.

Mantan Pelatih Malaysia Dukung Shin Tae-yong Coret Saddil Ramdani dari Timnas Indonesia

Menarik untuk melihat jejak kedua tim dalam lima SEA Games terakhir. Pada SEA Games 2007 Nakhon Ratchasima, Indonesia dan Malaysia sama-sama meraih hasil minor. Mereka mengakhiri laga fase grup di peringkat ketiga.

Dengan begitu, keduanya tidak lolos ke babak semifinal. Berlanjut ke SEA Games 2009 Vientiane. Indonesia benar-benar babak belur di ajang ini.

Keputusan Besar Shin Tae-yong Jadi Sorotan Mantan Pemain Malaysia, FAM Kena Sentil

Dari tiga pertandingan Grup B, Garuda Muda hanya mampu sekali meraih hasil imbang 2-2 melawan Singapura. Sedangkan dia laga lagi, melawan Laos dan Myanmar mereka kalah.

Berbanding terbalik dengan raihan Malaysia. Harimau Malaya sukses keluar sebagai juara di SEA Games 2009 Vientiane. Di laga final, Vietnam mereka kalahkan dengan skor tipis 1-0.

SEA Games 2011, Indonesia menjadi tuan rumah. Sejak fase grup, Garuda Muda sudah bertemu dengan Malaysia. Bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Harimau Malaya menang 1-0.

Kedua tim kembali bertemu di stadion yang sama pada babak final. Sayangnya, tim tuan rumah gagal membuat pendukungnya berbahagia usai kalah 3-4 dalam drama adu penalti.

Malaysia akhirnya bisa tersenyum bangga. Karena kemenangan ini membuat mereka menjadi tim juara SEA Games dua kali secara beruntun.

Kekalahan itu dibalas Indonesia ketika bertemu Malaysia di semifinal SEA Games 2013 Naypyidaw. Kali ini, Garuda Muda menang melalui babak adu penalti dengan skor 4-3.

Akan tetapi, Garuda Muda kalah tipis 0-1 ketika berhadapan dengan Thailand di babak final. Alhasil, mimpi mengulang sukses SEA Games 1987 dan 1991 harus kembali mereka kubur.

Pada SEA Games 2015 Singapura, prestasi Malaysia kembali melempem. Mereka tidak mampu lolos dari fase grup, sedangkan Indonesia bisa menembus babak semifinal, sebelum akhirnya kalah telak 0-5 dari Thailand.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya