Sebelum Islandia, 3 Timnas Berkelas Pernah Jajal Indonesia

Saat Indonesia Selection Dicukur Tim Peserta Piala Dunia 2018, Islandia
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

VIVA – Timnas Indonesia akan menghadapi Islandia dalam laga persahabatan, Minggu 14 Januari 2018. Laga ini bakal berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Aksi Tak Terlupakan Timnas Indonesia saat Jajal 5 Tim Elite Dunia

Laga ini diharapkan bisa menambah jam terbang pemain Indonesia. Terlebih, Islandia berstatus sebagai kontestan Piala Dunia 2018.

Sebenarnya, ini bukan kali pertama Indonesia berhadapan dengan tim kelas dunia. Setidaknya di era milenium ini ada tiga tim papan atas yang mengunjungi Indonesia.

5 Tim Unggulan Ini Bernasib Tragis di Piala Afrika 2023, No 3 Nggak Nyangka Banget

Berikut ulasannya, seperti dilansir dari berbagai sumber:

1. Uruguay
Uruguay berhadapan dengan Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, 8 Oktober 2010. Saat itu, La Celeste sedang bagus-bagusnya, karena baru saja menjadi semifinalis Piala Dunia 2010.

Jadwal Lengkap 16 Besar Piala Afrika 2023, Timnas Senegal Tantang Pantai Gading

Uruguay Lawan Indonesia

Indonesia sempat mengejutkan dengan unggul lebih dulu lewat gol Boaz Solossa di menit 18. Namun, setelah itu Tim Garuda menjadi bulan-bulanan tim tamu. Uruguay sukses menceploskan tujuh gol ke gawang Markus Haris Maulana.

Edinson Cavani dan Luis Suarez tampil menggila dengan sama-sama menyumbangkan hattrick. Satu gol Uruguay lainnya dicetak Sebastian Eguren.

Kekalahan ini sebenarnya sangat wajar mengingat kualitas yang jauh antara kedua tim. Terbukti, pada 2011 Uruguay berhasil keluar sebagai juara Copa America.

2. Belanda
Kunjungan Belanda ke Indonesia pada 7 Juni 2013 terasa spesial. Sebab, Die Oranje baru saja menjadi runner up Piala Dunia 2010.

Siem de Jong (kanan) usai bobol gawang Indonesia

Belanda yang ditukangi Louis van Gaal juga membawa pemain inti mereka. Dari mulai Wesley Sneijder, Robin van Persie, hingga Arjen Robben. 

Indonesia akhirnya kalah 0-3, lewat dua gol Siem de Jong dan satu gol Robben. Namun, Timnas yang dilatih Jacksen F Tiago tetap mendapatkan apresiasi karena sempat membuat Belanda frustrasi.

Indonesia sempat menahan Belanda 0-0 di babak pertama. Kiper Kurnia Meiga juga tampil gemilang dan membuat striker sekelas Van Persie tak mampu membobol gawangnya.

3. Kamerun
Satu lagi tim kelas dunia yang pernah menghadapi Indonesia di era milenium adalah Kamerun. The Indomitable Lions menjajal Tim Garuda di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, 25 Maret 2015.

Indonesia vs Kamerun

Saat itu, Kamerun memang tak membawa seluruh pemain intinya. Tak ada nama Samuel Eto'o dalam tim besutan Volker Finke.

Indonesia hanya kalah tipis 0-1 dari Kamerun. Gol dicetak Vincent Aboubakar di menit 35.

Dua tahun berselang, Kamerun sukses menjuarai Piala Afrika 2017. Menariknya. Aboubakar yang mencetak gol ke gawang Indonesia, menjadi pahlawan Kamerun di final Piala Afrika, saat melawan Mesir. Pemain FC Porto ini memastikan kemenangan Kamerun 2-1, lewat golnya di menit 88.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya