Eks Pelatih Timnas Belanda van Marwijk Tangani Australia

Bert van Marwijk
Sumber :

VIVA – Tim nasional Australia resmi menunjuk Bert van Marwijk sebagai pelatih. Pengalaman mantan juru taktik Belanda itu diharap bisa memberi sumbangsih besar ketika mereka berlaga di Piala Dunia 2018 Rusia.

Kalahkan Australia, Timnas Indonesia U-23 Didominasi Alumnus PPLP dan SKO Kemenpora

Presiden Federasi Sepakbola Australia (FFA), Steven Lowy, menilai penunjukan Marwijk merupakan langkah besar bagi mereka. Apalagi, pada Piala Dunia 2010 lalu, bersama pria berusia 65 tahun sukses membawa Belanda ke babak final.

"Ini merupakan hasil bagus bagi sepakbola Australia. Bert van Marwijk adalah pelatih kelas dunia," kata Lowy, dikutip dari Washington Post, Kamis 25 Januari 2018.

Kata Pelatih Australia Usai Dikalahkan Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia

"Dia pernah membawa Belanda ke final Piala Dunia 2010, dia memimpin Arab Saudi untuk lolos langsung ke putaran final tahun ini dan yang terpenting, dia tahu banyak tentang tim kami. Pengalaman ini membuatnya menjadi pilihan yang menarik," tuturnya.

Sebelumnya, Australia harus ditinggal pelatih Ange Postecoglou yang memilih mengundurkan diri pada November 2017, beberapa minggu setelah meloloskan Socceroos ke Piala Dunia 2018. Australia berhasil melaju ke Rusia usai mengandaskan perlawan Honduras dalam playoff antar benua.

Ernando Ari Jago Banget, Timnas Indonesia Butuh Naturalisasi Kiper Inter Milan?

Lowy menambahkan bahwa di tangan Marwijk, Australia bisa menjadi tim yang hebat. Dan FFA akan menyiapkan segala sumber daya yang dibutuhkan oleh sang pelatih dalam melakukan persiapan.

"Bersama Bert van Marwijk kita memiliki manajer yang bisa meraih hal-hal hebat dengan tim ini. Dan kami akan mereka memiliki sumber daya yang diperlukan untuk memberikan persiapan yang terbaik," tambahnya.

Sementara itu, Marwijk merasa terhormat bisa melatih tim nasional Australia. Ia cukup terkesan dengan perkembangan Socceroos dalam beberapa tahun terakhir.

"Saya tahu banyak tentang pemain dan bagaimana tim ini bermain setelah saya bertemu mereka dalam kualifikasi Piala Dunia, pada 2016 dan Juni tahun lalu. Saya juga terkesan dengan tim nasional yang telah dikembangkan FFA selama beberapa tahun terakhir," ucap Marwijk. (ren)

Laporan Zulfikar Husein

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya