Wasit Indonesia Akan Bertugas di Liga Champions Asia

Wasit Thoriq Alkatiri
Sumber :
  • facebook

VIVA – Thoriq Alkatiri menorehkan prestasi bergengsi dalam karier profesionalnya sebagai wasit. Pria asal Purwakarta ini masuk dalam jajaran elite wasit AFC.

Liga Champions Asia dan Piala AFC Berubah Format Musim Depan, Klub Indonesia Ikut yang Mana?

Dilansir laman resmi PSSI, Selasa 13 Februari 2018, dia dipercaya bertugas di pertandingan Liga Champions Asia 2018 antara Shanghai SIPG kontra Melbourne Victory di Shanghai Stadium, China, Selasa, 20 Februari 2018.

Ini akan menjadi panggung perdananya di Liga Champions Asia. Selain pertandingan di China, Thoriq juga ditugaskan pada pertandingan pemenang play off antara klub Jepang, Thailand, dan Malaysia melawan klub asal Hong Kong Kitchee, di Jepang pada 6 Maret 2018. 

Cristiano Ronaldo Gigit Jari, Ini 4 Klub yang Tembus Semifinal Liga Champions Asia

Pada dua laga ini, Thoriq akan bertugas sebagai fourth official atau standby referee. Thoriq hanya tinggal menunggu waktu untuk mendapat giliran memimpin pertandingan di Liga Champions Asia.
 
Masuknya Thoriq dalam jajaran AFC Elite Referee dan dipercaya bertugas pada laga Liga Champions Asia juga merupakan kebanggaan bagi dunia perwasitan di Tanah Air. Bukan hal yang mudah bagi wasit yang sudah memiliki lisensi FIFA sekalipun untuk bisa masuk dalam jajaran elite wasit AFC.

Thoriq yang saat ini berusia 29 tahun sebelumnya juga pernah menjadi wasit di gelaran Piala AFF U-19 dan U-18. Selain itu, ia pernah menjadi wasit termuda di kompetisi teratas Liga Indonesia. 

Patahkan Rekor Dunia, Al Hilal Tantang Penghancur Klub Cristiano Ronaldo di Semifinal LCA

"Alhamdulillah saya mendapatkan kepercayaan untuk bertugas di Liga Champions Asia. Ini jelas menjadi kebanggaan saya dan menunjukkan bahwa wasit Indonesia juga mempunyai kualitas," kata Thoriq dikutip dari laman resmi PSSI. 

Di Indonesia selain Thoriq, terdapat lima wasit lainnya yang mengantongi lisensi FIFA. (art)

Duel Inter Milan vs Salzburg

Kuota Eropa Lengkap! Berikut 24 Tim yang Pastikan Tiket ke Piala Dunia Antarklub 2025

Klub Austria, RB Salzburg menjadi tim Eropa ke-12 dalam Piala Dunia Antarklub 2025 setelah Arsenal kalah dari Bayern Munich pada babak perempat final Liga Champions.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024