Irak Minta FIFA Cabut Sanksi

Ilustrasi Timnas Irak.
Sumber :
  • REUTERS/Mohammad Abu Omar

VIVA – Menteri Olahraga Irak, Abdulhussein Abttan, sangat berharap bisa menyelenggarakan pertandingan persahabatan internasional antarnegara di kawasan Teluk. Mereka sudah merenovasi stadion-stadion dan melarang adanya senjata di pertandingan, serta melobi FIFA untuk segera mencabut larangan bermain di kandang sendiri.

Meski Disanksi FIFA, Pembangunan Pusat Latihan Timnas di IKN Tetap Berjalan

Irak belum pernah menyelenggarakan pertandingan internasional di kandang hampir sekitar tiga dekade. Sejak 1990, Irak dilarang FIFA memainkan seluruh partai kandang kecuali laga-laga lokal.

Larangan tersebut pernah dicabut FIFA pada 2012. Namun, pemadaman listrik saat pertandingan persahabatan antara Irak melawan Jordan di Kurdi membuat federasi sepakbola tertinggi di dunia itu kembali memberlakukan larangan tersebut.

Pengamat Apresiasi Perjuangan Ketum PSSI Selamatkan Indonesia dari Sanksi Berat FIFA

Kini Irak berupaya untuk mendapatkan izin dari FIFA setelah ditunjuk menjadi tuan rumah dalam pertandingan persahabatan melawan Arab Saudi, Rabu, 28 Februari 2018. Basra Sport City akan disiapkan untuk menggelar laga tersebut dan Arab Saudi akan menjadi negara pertama yang berkesempatan tanding di tanah Irak.

"Saya berharap pertandingan (melawan Saudi) ini akan menginspirasi tim nasional lainnya untuk mengunjungi Irak. Hal tersebut akan membantu kami untuk mencabut larangan FIFA atas pertandingan di stadion kami," kata Abttan, seperti dikutip Daily Mail.

Bebas dari Sanksi Berat FIFA, Timnas Indonesia U-22 Potong Tumpeng

"Kehadiran tim Saudi di Irak sangat berarti bagi kami. Kami juga mengandalkan tim Bahrain, Qatar dan Iran, yang keseluruhannya juga memilki pengaruh politik dalam olahraga," tambahnya.

Bertahun-tahun negara tersebut mengalami keresahan akibat invasi militer Amerika Serikat dan gerakan-gerakan separatis kelompok muslim di wilayah Utara maupun Barat. Hal itu mengubah berbagai perhelatan olahraga di Irak, atlet-atlet dan tim nasional mereka harus musafir ke beberapa negara untuk menjalani kompetisi resmi. (one)

Logo di markas FIFA

Thailand Terancam Sanksi FIFA

Sepakbola Thailand terancam sanksi FIFA karena Presiden Sepakbola Thailand, Somyot Pumpanmuang didesak mundur. Ancaman sanksi karena ada intervensi bisa saja diterima.

img_title
VIVA.co.id
1 Juli 2023