Salah Satu Alasan Pemain Indonesia Laris di Liga Malaysia

Bintang Selangor FA, Evan Dimas (kiri)
Sumber :
  • Instagram / faselangormy

VIVA – Liga Super Malaysia menerapkan aturan baru pada musim 2018. Setiap klub peserta wajib menyertakan satu pemain asing asal negara Asia Tenggara (ASEAN).

Momen Tegang dan Panik Saat Bus Pawai Timnas U-22 Masuk Terowongan Semanggi

Dikutip dari Berita Harian, pemain asal Indonesia paling laris. Total, ada lima pemain asal Indonesia yang merumput di kompetisi kasta tertinggi Negeri Jiran.

Evan Dimas dan Ilham Udin Armaiyn bergabung dengan Selangor FA. Proses kepindahan kedua pemain sempat membuat heboh pemberitaan di Indonesia dan Malaysia.

Peringatan PSM Makassar untuk Kedah yang Mau 'Matikan' Pluim

Sebab, Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi, menunjukkan penolakan. Dia tak ingin dua pemain yang jadi andalan tim nasional Indonesia U-23 itu tak bisa rutin ikut pemusatan latihan bersama Luis Milla Aspas.

Tak berselang lama, giliran Ferdinand Sinaga yang dipastikan bergabung dengan Kelantan FA. Dia meninggalkan PSM Makassar, demi mengadu peruntungan di Malaysia.

5 Fakta Marselino Ferdinan, Pemain Timnas yang Lagi Viral

Berita heboh selanjutnya adalah keputusan Achmad Jufriyanto meninggalkan Persib Bandung. Dia menerima pinangan dari Kuala Lumpur FA di saat Maung Bandung berjuang di Piala Presiden 2018.

Pemain Indonesia terakhir yang dikontrak klub Malaysia adalah Andik Vermansah. Setelah lama tak punya klub, akhirnya dia bergabung dengan Kedah FA.

Di bawah Indonesia, ada dua negara ASEAN yang mengirimkan empat pemain, yakni Singapura dan Kamboja. Kemudian ada dua pemain yang berasal dari Filipina.

Dari 12 tim peserta Liga Super Malaysia, total ada 15 pemain asal negara ASEAN yang mencoba peruntungan di sana. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya