Selangkah Lagi, VAR Akan Digunakan di Piala Dunia

Penampakan Stadion Luzhniki, Rusia, jelang Piala Dunia 2018
Sumber :
  • Reuters/Maxim Shemetov

VIVA – Teknologi Video Assistant Referees (VAR) akan digunakan saat Piala Dunia Rusia 2018. Sebelum menyetujui penggunaan VAR, Dewan Asosiasi Sepakbola Internasional (IFAB) bertemu dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino di Swiss, Sabtu 3 Maret 2018. 

Geser Lionel Messi, Pemain Timnas Indonesia Ini Masuk Daftar Top Skor Kualifikasi Piala Dunia

Teknologi VAR sendiri telah diuji coba oleh beberapa negara. Liga Inggris, Italia dan Jerman telah memanfaatkan teknologi tersebut. "Kami sampai pada kesimpulan jika VAR bagus untuk sepakbola," kata Infantino usai pertemuan tersebut. 

Infatino mengatakan, keputusan akhir penggunaan teknologi tersebut di Piala Dunia Rusia akan dibuat oleh dewan FIFA yang akan bertemu pada akhir bulan ini di Kolombia.  "Kami berharap dan mendorong agar dewan membuat keputusan yang menguntungkan," tambah Infatino. 

Geser Malaysia dan Singapura, Rangking FIFA Timnas Indonesia Melesat

Teknologi VAR akan digunakan jika ada keraguan dalam mengambil keputusan. Dikutip dari BBC wasit akan menggunakan teknologi VAR jika ada ragu-ragu soal terjadinya gol, hukuman penalti, kartu merah langsung dan salah identitas (wasit salah memberikan kartu merah kepada pemain).

Sebelumnya saat Piala Konfederasi 2017 lalu, teknologi VAR sudah digunakan. FIFA sendiri dikabarkan puas dengan adanya VAR tersebut.

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Sementara itu, manajer Tottenham Hotspur, Mauricio Pochettino sempat mengatakan jika tekonolgi VAR akan membunuh sepakbola. Menurut Pochettino, VAR bisa merusak emosi dalam sepakbola. 

Legenda Timnas Indonesia di acara hut pssi

Legenda Timnas Indonesia dari Piala Dunia hingga Juara SEA Games Rayakan HUT PSSI

PSSI menggelar acara Hari Ulang Tahun ke-94, kegiatan berlangsung secara sederhana di Jakarta, Jumat 19 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024