Babak 16 Besar Liga Champions yang Penuh Kejutan

Trofi Liga Champions
Sumber :
  • Standard

VIVA – Liga Champions kini sudah mencapai perempatfinal. Delapan tim melaju dari babak 16 besar setelah menjalani pertandingan dua leg.

Jude Bellingham Bakal Jadi Legenda Real Madrid

Kejutan demi kejutan pun terjadi. Beberapa kontestan yang tersisa, ternyata bukan tim yang diunggulkan.

Sevilla paling fenomenal. Mereka sukses mengangkangi raksasa Inggris, Manchester United.

Bicara Kekalahan dari Madrid, Bek Barcelona Silang Pendapat dengan Xavi

Bermain 0-0 pada leg 1 di kandang sendiri Estadio Ramon Sanchez Pizjuan, Sevilla lalu menang 2-1 di markas MU yang dulu dikenal angker, Old Trafford. Los Rojiblancos pun lolos dengan agregat 2-1.

Juga ada cerita dari Juventus yang lolos secara dramatis. Mereka menyingkirkan Tottenham Hotspur meski selalu terdesak dalam dua pertandingan yang dilakoni.

Zinedine Zidane Pilih Manchester United Ketimbang Bayern Munich

Pertandingan Manchester United vs Sevilla

Tentu tidak bisa dilupakan juga, ada dua tim elite PSG dan Chelsea yang bernasib sial karena harus berhadapan dengan dua jagoan Liga Champions lebih dini, Real Madrid dan Barcelona.

Hegemoni Spanyol Kembali

Sukses Barcelona menghempaskan Chelsea dengan agregat 4-1 bisa disebut sebagai simbol kembalinya hegemoni Spanyol di Liga Champions. Sebaliknya, itu juga menandai bertumbangannya para wakil Inggris yang sebelumnya diprediksi akan mendominasi.

Spanyol mendominasi, sebab menyumbang wakil terbanyak. Madrid, Barcelona dan Sevilla lolos dari adangan lawan.

Laga FC Barcelona vs Chelase di pertandingan kedua Liga Champions

Sementara itu, nasib berbeda dialami sejumlah wakil Inggris. Menyumbang wakil terbanyak di babak 16 besar, dengan lima tim, namun kini mereka cuma menyisakan dua wakil: Manchester City dan Liverpool.

Jumlah wakil Inggris pun kini sama seperti Italia, yang dari awal memang cuma menyisakan dua tim, yakni Juventus dan AS Roma. Bianconeri menjungkalkan Spurs, sedangkan Giallorossi melangkahi Shakhtar Donetsk.

Dominasi Tim Kaya

Menjadi menarik karena yang lolos ke perempatfinal sekarang kebanyakan merupakan penghuni daftar klub terkaya pada 2018 ini.

Menurut Deloitte Football Money League, penghuni 5 besar klub terkaya, semuanya melaju ke perempat final, kecuali Manchester United. 'Setan Merah' gagal di babak 16 besar karena kalah 1-2 dari Sevilla.

Padahal, MU berada di posisi puncak daftar tersebut. Mereka tercatat memiliki pemasukan 676,3 juta euro.

Semakin mencengangkan, sebab Sevilla sekarang tercatat sebagai tim dengan nilai kekayaan paling sedikit ketimbang kontestan lain. Mereka bahkan tidak masuk daftar 30 besar.

Sedangkan para penghuni lima besar daftar klub terkaya yang melenggang adalah Real Madrid, Barcelona, Bayern Munich dan Manchester City.

Menang Lagi atas PSG, Real Madrid Pastikan Tiket ke Perempat Final

Sementara dua kontestan lain, Liverpool dan Juventus, masih masuk daftar 10 besar, berada di posisi 9 serta 10. Lalu AS Roma yang menyingkirkan Shakhtar Donetsk, menempati posisi 24. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya