Bukti Bepe Lebih Tajam dari Gareth Bale dan Falcao

Penyerang Persija Jakarta dan eks timnas Indonesia, Bambang Pamungkas
Sumber :
  • Twitter/@bepe20

VIVA – Siapa tak kenal dengan sosok Bambang Pamungkas? Penyerang veteran Persija Jakarta dan mantan striker Timnas Indonesia. Penyerang yang akrab disapa Bepe itu merupakan pencetak gol terbanyak kedua bagi Tim Garuda.

Ada Cristiano Ronaldo, Ini 5 Bintang Sepakbola yang Tidak Memiliki Tato

Ya, Bepe yang pernah jadi andalan lini depan Timnas Indonesia pada 1999 hingga 2012, mampu mencetak 38 gol dalam 86 penampilannya. Catatan ini merupakan yang terbanyak kedua setelah legenda Persija Jakarta lainnya, Soetjipto Soentoro.

Soetjipto merupakan pemain yang memegang gelar top scorer Timnas Indonesia sepanjang masa. Membela Timnas Indonesia sejak 1965 hingga 1970, Soetjipto mampu mencetak 57 gol dalam 68 penampilan.

Termasuk Cristiano Ronaldo, Ini 5 Pemain Sepakbola yang Tidak Minum Alkohol

Lalu, apa yang istimewa dari dua striker Indonesia ini? Ya, menurut data FIFA.com, ternyata Bepe dan Soetjipto masuk 100 besar pencetak gol terbanyak level internasional.

Soetjipto dengan catatan 57 golnya berada di posisi ke-21 dunia, berbagi tempat dengan legenda hidup Amerika Serikat, Clint Dempsey dan Landon Donovan, serta legenda Timnas Honduras, Carlos Pavon.

Terbaru Alejandro Garnacho, Ini 5 Gol Salto Terbaik Dalam Sejarah Sepakbola

Jika dilihat dari jumlahnya, Soetjipto hanya terpaut empat gol dari megabintang Barcelona dan Timnas Argentina, Lionel Messi. Jumlah gol Soetjipto juga hanya terpaut lima gol dari legenda hidup Timnas Swedia, Zlatan Ibrahimovic.

Lantas, bagaimana dengan Bepe? Jumlah 38 gol Bepe ternyata jauh lebih hebat dari legenda Timnas Italia, Luigi "Gigi" Riva, yang hanya mencetak 35 gol sepanjang kariernya. Jumlah gol Bepe bahkan lebih banyak dari Romelu Lukaku (Belgia), Emmanuel Adebayor (Togo), Radamel Falcao (Kolombia), dan bahkan lebih banyak dari megabintang Real Madrid asal Wales, Gareth Bale.

Lukaku hingga saat ini baru mencetak 31 gol, sementara Adebayor mencetak 30 gol. Lantas, Falcao dan Bale baru mencetak 29 gol bagi negaranya.

Dari catatan tersebut, jelas jika dari catatan statistik jumlah gol Bepe dan Soetjipto lebih tajam dari Lukaku, Adebayor, Falcao, dan Bale. Luar biasa! (one)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya