Orang Iran Kalahkan Ronaldo dan Messi untuk Urusan Gol

Ali Daei saat masih memperkuat Timnas Iran
Sumber :
  • ESPN

VIVA – Tak disangka, penyerang tertajam alias bomber di lapangan hijau berasal dari negara Asia, tepatnya Iran.

Berbicara soal siapa penyerang paling tajam di dunia, pasti semua pihak sepakat menyebut nama Lionel Messi atau Cristiano Ronaldo. Ada lagi nama-nama besar semisal Diego Costa, Karim Benzema, Didier Drogba, atau Zlatan Ibrahimovic. Namun ternyata, nama-nama besar itu bukanlah yang tertajam.

Terpopuler: Philippe Troussier Mualaf, Timnas Portugal Keok dengan Cristiano Ronaldo

Jadi, siapa yang tertajam di dunia. Lewat data FIFA.com, ada lima besar pencetak gol terbanyak di dunia, khususnya di level internasional.

Bukan Messi atau Ronaldo, ternyata peringkat pertama pencetak gol terbanyak level internasional adalah mantan penyerang Timnas Iran, Ali Daei. Ya, pria yang kini  berusia 49 tahun ini mencetak 109 gol dalam 149 penampilannya bersama Iran pada 1993 hingga 2006. Bersama Timnas Iran, Daei pernah membawa armada The Persian Stars juara Asian Games 1998 dan 2002. 

Lionel Messi Absen, Timnas Argentina Bantai Kosta Rika

Nama Daei pernah melambung di akhir 1990an, saat pemain yang memiliki tinggi badan 192 sentimeter ini hijrah ke klub Bundesliga, Arminia Bielefeld, musim 1997-1998. Semusim membela Arminia, Daei kemudian dibajak raksasa Jerman, Bayern Munich. 

Bersama Bayern, Daei pernah mengecap gelar juara Bundesliga dan Piala Jerman (DFB-Pokal) Setelah semusim membela The Bavarians, Daei kemudian pindah lagi ke Hertha Berlin.

Berkah Ramadhan untuk Ramadhan Sananta, Jumlah Golnya Lampaui Lionel Messi!

Setelah Daei, ada nama legenda Timnas Hungaria, Ferenc Puskas. Pemain yang pernah membela Real Madrid pada 1958 hingga 1966, mencetak 84 gol dalam 89 penampilannya bersama Hungaria.

Kemudian di bawah Puskas, barulah ada nama Ronaldo. Megabintang Timnas Portugal dan Madrid ini sudah mencetak 81 gol dalam 148 penampilannya bersama armada Selecao das Quinas. Setelah Ronaldo, ada legenda Timnas Jepang, Kunishige Kamamoto (80 gol/84 penampilan), dan legenda Timnas Zambia, Godfrey Chitalu (79 gol/111 penampilan).

Legenda hidup Brasil, Pele, hanya berada di posisi 7 dengan catatan 77 gol dalam 92 penampilan. Sementara itu, ada nama mantan bomber tajam Timnas Thailand, Kiatisuk Senamuang, di urutan 9  dengan catatan 71 gol dalam 134 penampilan.

Dua legenda Timnas Indonesia, Soetjipto Soentoro dan Bambang Pamungkas, juga meramaikan daftar 100 pencetak gol terbanyak dunia. Soetjipto berada di posisi ke-21 dengan catatan 57 gol dalam 68 penampilan. Sementara itu, Bambang, berada di urutan 63, dengan 38 gol dalam 86 penampilan. (one)

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya