Profil Mentereng Pelatih Timnas Futsal Indonesia Asal Jepang

Kensuke Takahashi, Pelatih Futsal Timnas Indonesia
Sumber :
  • Donny Adhiyasa

VIVA – Tim nasional futsal Indonesia tengah merajut mimpi besar, menembus 4 besar Asia pada AFC Futsal Championship 2020 mendatang. Demi mewujudkan ambisi tersebut, Federasi Futsal Indonesia (FFI) merekrut pelatih asal Jepang, Kensuke Takahashi, Senin 2 April 2018.

Ngeri, Timnas Indonesia Bantai Macau 12-0 di Kualifikasi Piala Asia Futsal

Pria 35 tahun itu tercatat punya catatan apik dalam kiprah di arena futsal sejagat. Meniti karier sebagai pesepakbola muda di janjang SMA, geliat futsal di kampus University Juntendo ternyata lebih memikat hatinya.

Hasilnya pun tak sia-sia, pelatih yang lahir di Hokkaido pada 8 Mei 1982 itu sukses mengawali kariernya dengan memperkuat klub amatir, Divertido Asahikawa. Kiprah apiknya pun membawa peruntungan dengan menembus skuat tim nasional futsal Jepang yang berlaga di Piala Dunia Futsal 2004 di Taiwan.

Dukung Peningkatan Prestasi Futsal, Beasiswa Bakal Dibagikan ke Pemain Muda Berbakat

Performa cemerlangnya di timnas futsal Jepang menjadikan klub Predator FC menggaetnya hingga 2008, sebelum melanjutkan catatan kariernya ke Liga Futsal Profesional Spanyol.

Skuat tim futsal Caja Segovia pun jadi persinggahannya dari 2008 sampai 2010, dan melanjutkan petualangannya di kompetisi futsal Negeri Matador dengan merapat ke Guadalaraja hingga tahun 2011.

Masa Depan Timnas Futsal Indonesia Menjanjikan

Langkahnya kembali pulang ke Jepang dengan memperkuat Predator FC yang telah berganti nama menjadi Bardral Urayasu. Ia pun kembali berlaga di Piala Dunia Futsal, dengan mengantarkan Jepang masuk 16 besar pada edisi tahun 2012.

Sebelum menetapkan hati melatih timnas futsal Indonesia, Kensuke Takahashi menjabat sebagai Direktur Teknik (2016-2017) dan Pelatih Tim Senior (2017-2018) skuat Bardral Urayasu.

60 caps sebagai pilar timnas futsal Jepang dengan tiga gelar AFC Futsal Championship pada 2006, 2010, dan 2012 serta posisi 4 Japan Futsal Championship 2018 di kursi kepelatihan jadi persembahan apik Takahashi yang cukup sebagai modal awal membawa armada futsal Merah Putih menuju persaingan di pentas Asia.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya