Fakta Liga Champions: Liverpool Cetak Rekor Fantastis

Winger Liverpool, Mohamed Salah (kanan)
Sumber :
  • REUTERS/Andrew Yates

VIVA – Liverpool membuktikan diri sebagai salah satu tim yang punya habitat di Liga Champions. Armada Merseyside Merah sukses melaju ke babak semifinal Liga Champions 2017/2018, usai menyingkirkan tim bertabur bintang, Manchester City.

Liverpool Tersingkir dari Liga Europa Saat Bayer Leverkusen Melaju ke Semifinal

Melawat ke Etihad Stadium, markas City, dalam laga leg 2 perempat final Liga Champions 2017/2018, pasukan Juergen Klopp menang tipis 2-1, Rabu 11 April 2018 dini hari WIB. Kemenangan ini menggenapkan keunggulan skor agregat 5-1 atas skuat besutan Pep Guardiola.

Pasca kemenangan atas City, Liverpool juga sukses mencatat beberapa rekor positif. Menurut data Opta, ada beberapa fakta menarik yang dicatat The Reds usai laga kontra City.

5 Klub Sepakbola yang Sering Tampil di Final Liga Champions, Real Madrid Teratas?

Yang pertama mungkin adalah kesuksesan Liverpool mengalahkan manajer papan atas dunia sekelas Guardiola. Ya, Liverpool sukses memetik 3 kemenangan atas tim yang dipegang manajer asal Spanyol ini.

Tak cuma itu, dua gol yang disumbang Roberto Firmino dan Mohamed Salah mengantar Liverpool menjadi tim Inggris dengan catatan gol di Liga Champions terbanyak dalam satu musim. Musim ini, Liverpool sukses mencetak 33 gol. Catatan ini melewati rekor yang sebelumnya dipegang oleh Manchester United dengan raihan 32 gol musim 2002/2003.

Jurgen Klopp Ungkap Rahasia Kebangkitan Mohamed Salah! Liverpool Siap Menggebrak Persaingan Gelar

Catatan rekor lainnya juga dibuat oleh winger Liverpool asal Mesir, Mohamed Salah. Ya, Salah menjadi pemain dengan rekor pencetak gol terbanyak di Liga Champions sepanjang sejarah Liverpool. Sejauh ini, Salah sudah mencetak 8 gol buat Liverpool di ajang Liga Champions 2017/2018.

Fakta-fakta Menarik Usai Liverpool Singkirkan City:

- Liverpool jadi tim Inggris yang mencetak gol terbanyak di ajang Liga Champions. Di Liga Champions musim ini, pasukan Juergen Klopp sukses mencetak 33 gol. Jumlah tersebut melewati rekor yang sebelumnya dipegang Manchester United dengan catatan 32 gol di musim 2002/2003. 

- Salah ikut andil dalam terciptanya 50 Liverpool di semua ajang musim ini. Eks winger FC Basel, Chelsea, dan AS Roma, sukses mencetak 39 gol dan 11 assist.

- Salah jadi pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Liverpool dalam satu musim Liga Champions. Sejauh ini winger asal Mesir ini sudah mencetak 8 gol.

- Bukan cuma Salah yang sukses memegang rekor pencetak gol terbanyak Liverpool di Liga Champions dalam satu musim. Firmino juga mencatat rekor yang sama dengan mengemas 8 gol.

- Liverpool jadi tim pertama yang sukses mengalahkan tim asuhan Pep Guardiola selama tiga kali dalam satu musim.

- Kesuksesan Liverpool lolos ke semifinal Liga Champions 2017/2018 adalah catatan ke-10 yang dibuat armada The Anfield Gang sepanjang keikutsertaannya di Liga Champions. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya