AS Roma 'Dikeroyok' Jawara 22 Trofi Liga Champions

AS Roma saat menyingkirkan Barcelona di Liga Champions, musim lalu.
Sumber :
  • REUTERS/Tony Gentile

VIVA –  Semifinal Liga Champions musim dipastikan akan berlangsung menarik. Sebab, hampir semua klub yang berpartipasi pernah merasakan manisnya juara di kompetisi elite Benua Biru ini.

Jude Bellingham Bakal Jadi Legenda Real Madrid

Dari empat peserta, hanya AS Roma yang belum pernah juara. Sedangkan Real Madrid, Bayern Munich, dan Liverpool, secara total sudah mengoleksi 22 trofi.

Madrid dan Bayern layak dikedepankan untuk urusan trofi. Mereka juga mampu tampil konsisten dalam satu dekade terakhir.

Bicara Kekalahan dari Madrid, Bek Barcelona Silang Pendapat dengan Xavi

Sampai saat ini, Los Blancos tercatat sebagai pengoleksi gelar terbanyak. Mereka sudah 12 kali menjadi juara Liga Champions. Dua di antaranya diraih dalam dua musim terakhir.

Lalu, ada Bayern. Die Roten sudah lima kali meraih manisnya gelar juara Liga Champions. Dua di antaranya diraih di era milenium, yakni pada 2001 dan 2013.

Zinedine Zidane Pilih Manchester United Ketimbang Bayern Munich

Liverpool sebenarnya sejajar dengan Bayern, sudah lima kali juara. Namun, kebanyakan gelar yang diraih mereka terjadi sebelum tahun 1990.

Kali terakhir The Reds menjadi juara terjadi 13 tahun silam, yakni pada 2005. Saat itu, The Reds mengalahkan AC Milan lewat adu penalti, yang dikenal dengan "keajaiban Istanbul".

Roma menjadi satu-satunya tim yang belum pernah menjadi juara. Pencapaian terbaik Giallorossi di Liga Champions adalah kala menjadi runner-up pada 1984.

Saat itu, Roma sebenarnya mendapatkan keuntungan karena final berlangsung di Olimpico. Namun, mereka malah takluk 2-4 dari Liverpool lewat adu penalti, Sebelumnya, kedudukan imbang 1-1 selama waktu normal dan babak tambahan waktu. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya