Berapa Gaji Wasit Piala Dunia 2018

Reaksi Cristiano Ronaldo usai dikartu merah wasit
Sumber :

VIVA – Wasit kerap menjadi sorotan belakangan ini. Kontroversi wasit menjadi diskusi panas usai laga Real Madrid vs Juventus dan Manchester City vs Liverpool di ajang Liga Champions.

Akhir Kisah Raphael Varane dengan Timnas Prancis, Mimpi Jadi Kenyataan

Tugas wasit memang tidak ringan. Mereka harus memimpin jalannya pertandingan dan menjadi pengadil. Keputusan yang diambilnya tak gampang diterima pemain, pelatih, dan suporter.

Salah keputusan bisa mengubah jalannya pertandingan. Menjelang Piala Dunia 2018, kinerja wasit menjadi salah satu sorotan. Sampai-sampai diskusi mengenai perlunya asisten wasit berupa rekaman audio video diperlukan.

Raphael Varane Pensiun dari Timnas Prancis

Satu topik tak kalah menarik adalah, berapa para wasit digaji? 

Protes kapten Juventus, Gianluigi Buffon kepada wasit Michael Oliver

Pamer Foto Ini di Instagram, Paul Pogba Banjir Hujatan dari Fans Juventus

Menurut Marca, Senin 16 April 2018, ada 36 wasit dan 63 asisten yang akan bertugas di Piala Dunia 2018. Mereka merupakan perwakilan dari negara-negara anggota FIFA terpilih. FIFA menggaji wasit bervariasi tergantung pengalaman dan perkembangan kariernya.

Sejumlah wasit top dunia seperti Felis Brych dari Jerman, Cuneyt Cakir dari Turki, dan Nestor Pitana dari Argentina bakal menerima bayaran 57 ribu Euro (Rp968,6 juta) dengan tambahan 2500 Euro (Rp42 juta) per pertandingan.

Ilustrasi wasit meninjau VAR

Asisten wasit dibayar 20 ribu Euro (Rp339,8 juta) dan tiap memimpin pertandingan mendapatkan tambahan penghasilan 1600 Euro (Rp27 juta). Tinggi juga ya?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya