11 Fakta Menarik Jelang Duel Liverpool Vs AS Roma

Pemain Liverpool merayakan gol.
Sumber :
  • Reuters/Carl Recine

VIVA - Liverpool dan AS Roma akan saling bentrok di babak semifinal Liga Champions musim ini. Sejumlah fakta menarik pun melatar belakangi pertarungan keduanya dalam memperebutkan tiket final.

5 Fakta Menarik Jelang Duel Everton vs Liverpool di Premier League

Liverpool akan lebih dulu menjamu Roma pada leg 1 nanti di Anfield, Rabu 25 April 2018 dini hari WIB. Ini semifinal pertama bagi The Reds, setelah terakhir pada 2008 silam.

Bagi Roma ini juga untuk kali pertama ke semifinal di era Liga Champions. Makanya, pertarungan keduanya dalam memperebutkan tiket final diprediksi akan berlangsung sangat ketat.

Liverpool Sudah Temuka Pengganti Juergen Klopp

Sebelum menyaksikan duel keduanya, kita simak beberapa fakta menarik yang berhasil dirangkum dari situs UEFA. Berikut fakta menarik Liverpool vs Roma.

1. Liverpoool sudah lima kali melawan Roma, dengan catatan meraih dua kemenangan, sekali kalah, dan dua kali seri.

Trent Alexander-Arnold Siap Bangkitkan Juara Liverpool

2. Rekor Liverpool di semifinal European Cup/Liga Champions adalah tujuh kali lolos dan dua kali tersingkir (menang 7 kali dan kalah 2 kali).

3. Sebelumnya, semifinal terakhir Liverpool di kompetisi ini kala melawan Chelsea pada musim 2007/08. Tiga semifinal terakhir Liverpool di kompetisi ini semuanya melawan Chelsea.

4. Rekor Liverpool dalam partai knockout dua leg melawan klub-klub Italia adalah empat kali lolos dan dua kali tersingkir (menang 4 dan kalah 2).

5. Rekor kandang Liverpool melawan klub-klub Italia adalah menang 6 kali dan kalah 4 kali.

6. Liverpool belum terkalahkan dalam laga-laga kandang di Liga Champions musim ini. Mereka juga jadi tim tersubur di Liga Champions musim ini dengan 33 gol.

7. Mesin gol Liverpool adalah trisula mereka, Mohamed Salah dan Roberto Firmino (masing-masing 8 gol) serta Sadio Mane (7 gol) menyumbang 23 dari total 33 gol tersebut.

8. Liverpool hanya kalah sekali dalam 25 laga kandang yang sudah dimainkan di semua kompetisi musim ini (menang 16 seri 8 kalah 1).

9. AS Roma selalu tersingkir dalam enam partai dua leg terakhir melawan klub-klub Inggris.

10. Terakhir kali Roma menghadapi klub Inggris di fase knockout kala melawan Arsenal di babak 16 besar Liga Champions 2008/09. Mereka kalah adu penalti 6-7 (0-1 tandang, 1-0 kandang).

11. Tiga lawatan terakhir Roma ke Inggris semuanya berkesudahan imbang. Roma hanya menang sekali dalam 16 laga tandang melawan klub-klub Inggris (menang 1, seri 6, kalah 9). Satu-satunya kemenangan itu 1-0 saat melawan Liverpool di putaran keempat UEFA Cup 2000/01 leg 2 lewat gol tunggal Gianni Guigou. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya