9 Fakta Menarik Usai Liverpool Tumbangkan Roma di Anfield

Selebrasi gol para pemain Liverpool usai bobol gawang Roma.
Sumber :
  • REUTERS

VIVA - Liverpool berhasil memetik kemenangan atas AS Roma pada leg pertama semifinal Liga Champions, Rabu 25 April 2018 dini hari WIB. The Reds menumbangkan pasukan Serigala Roma dengan skor telak 5-2.

5 Fakta Menarik Jelang Duel Everton vs Liverpool di Premier League

Menjamu Roma di Anfield, Roma sebenarnya tampil lebih dominan dengan penguasaan bola 55 persen. Tetapi, Liverpool berhasil tampil lebih efektif, dalam memanfaatkan peluang yang mereka dapat.

Hasilnya lima gol berhasil mereka sarangkan ke gawang Roma, melalui Mohamed Salah (2 gol), Roberto Firmino (2), dan sisanya oleh Sadio Mane. Sementara itu, gol dari Roma, masing-masing dicetak Edin Dzeko dan Diego Perottti.

Liverpool Sudah Temuka Pengganti Juergen Klopp

Kemenangan ini membuat pasukan Juergen Klopp di atas angin untuk lolos. Sedangkan Roma  harus bisa menang minimal 3-0 di leg kedua yang berlangsung di Olimpico nanti untuk bisa meraih tiket ke final.

Sebelumnya, simak dulu beberapa fakta menarik dari kemenangan Liverpool di leg pertama ini, yang dirangkum dari Opta.

Trent Alexander-Arnold Siap Bangkitkan Juara Liverpool

Berikut fakta-fakta kemenangan Liverpool:

1. Liverpool menjadi tim kedua dalam sejarah Liga Champions yang mampu mencetak lima gol pada laga semifinal. Terakhir dilakukan Ajax Amsterdam saat menang 5-2 atas Bayern Munich di musim 1994-1995. Ajax keluar sebagai juara pada musim itu.

2. Mohamed Salah jadi pemain pertama yang mampu terlibat di empat gol (2 gol dan 2 assist) dalam pertandingan semifinal Liga Champions sejak Robert Lewandowski, lima tahun lalu, saat Borussia Dortmund menghadapi Real Madrid (4 gol), 24 April 2013.

3. Salah mencetak gol dalam lima laga terakhirnya di ajang Liga Champions untuk Liverpool. Ini belum pernah dilakukan oleh pemain The Reds sebelumnya.

4. Liverpool adalah tim kedua dalam sejarah Piala/Liga Champions dengan dua pemain yang mencetak setidaknya 10 gol lewat Mohamed Salah dan Roberto Firmino. Sebelumnya Barcelona di 2014-2015 lewat Neymar dan Lionel Messi.

5. Liverpool masih belum terkalahkan di Liga Champions musim ini. Sejauh ini, The Reds mencetak tujuh kemenangan dan enam hasil imbang.

6. Liverpool memperpanjang rekor catatan gol tim Inggris dalam satu musim Liga Champions. Rekor terakhir diciptakan Manchester United pada musim 2002-2003 dengan 32 gol.

7. Salah mencetak 43 gol untuk Liverpool di berbagai ajang sepanjang musim 2017-2018, catatan tersebut hanya kalah dari Ian Rush yang mencetak 47 gol pada 1983-1984.

8. James Milner menciptakan sembilan assist di Liga Champions musim ini, rekor terbanyak pada kompetisi tersebut.

9. Hanya Cristiano Ronaldo (18 gol) yang terlibat dalam gol lebih banyak dari Roberto Firmino (16) di Liga Champions musim ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya