Gagal ke China, Iniesta Lanjutkan Karier di Jepang

Eks Gelandang Barcelona, Andres Iniesta.
Sumber :
  • Reuters/Matthew Childs

VIVA - Rumor soal masa depan Andres Iniesta terus bermunculan usai memutuskan pergi dari Barcelona. Iniesta kabarnya gagal bermain di Liga Super China, dan akhirnya melanjutkan karier di Jepang.

RANS Cilegon FC Incar Pemain Jebolan J League, Iniesta Jadi Opsi?

Sebelumnya, Iniesta kencang dikabarkan akan gabung dengan klub asal China, Chongqing Dangdai Lifan. Presiden Chongqing, Gong Daxing menyatakan, Iniesta akan mendatangkan keuntungan bagi klubnya.

Akan tetapi, kini Chongqing menyatakan bila mereka tidak akan merekrut pemain berusia 33 tahun itu. Alasannya, Chongqing tidak mau melanggar aturan sepakbola China, dan memberikan gaji sebesar 81 juta euro.

Presiden Barcelona Buka Peluang Pulangkan Messi dan Iniesta

"Chongqing telah mengatakan bahwa klub akan mengikuti investasi rasional dan mengikuti aturan-aturan yang ditentukan Federasi Sepakbola China yang dikendalikan pemerintah. Aturan-aturan itu termasuk batasan gaji di semua divisinya," bunyi pernyataan klub.

Selain itu dilaporkan Sky Sports, Federasi Sepakbola China menerapkan pajak yang tinggi untuk pemain dengan nilai transfer besar. Chingqing hanya melakukan sebatas kerja sama secara komersil saja dengan Iniesta.

Kedatangan Xavi Bikin Andres Iniesta Kepingin Pulang ke Barcelona

Hal tersebut membuat Iniesta harus memilih kembali klub yang bakal dibelanya. Radio Catalunya melaporkan bila Iniesta besar kemungkinan akan bermain di Jepang dengan klub Vissel Kobe.

Ini menjadi masuk akal, mengingat Iniesta menyatakan tidak akan bermain di Eropa agar tak kembali jumpa dengan Barcelona. Belum lagi pemilik Vissel adalah presiden dari Rakuten, yang adalah sponsor utama Barcelona saat ini. 

Disebut-sebut Iniesta menjalin kesepakatan kontrak selama tiga tahun dengan Vissel. Pemain yang sudah membela Barcelona hampir dua dekade itu juga bakal mendapat bayaran 25 juta euro per musimnya. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya