Babak I, Persija Harus Bayar Mahal Kesalahan Kiper dan Bek

Pertandingan Persija Vs Home United
Sumber :
  • Dok. Media Persija

VIVA –Persija Jakarta menjamu Home United dalam leg kedua semifinal Piala AFC Zona ASEAN di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Selasa 15 Mei 2018. Di babak pertama, tim tamu unggul 3-1.

Liga Champions Asia dan Piala AFC Berubah Format Musim Depan, Klub Indonesia Ikut yang Mana?

Laga baru berjalan enam menit, namun Home United sudah bisa membuat kejutan. Mereka membobol gawang Persija melalui Shahril Ishak.

Proses terjadinya gol dikarenakan blunder fatal yang dilakukan kiper Persija, Rizky Darmawan. Dia gagal menangkap bola umpan silang yang dilakukan pemain Home United.

Piala AFC: Penakluk Bali United Ngamuk, 2 Klub Australia Tembus Final Zona ASEAN

Beruntun selang dua menit kemudian wasit menghadiahkan penalti untuk Persija. Novri Setiawan dilanggar oleh pemain belakang Home United.

Marko Simic dipercaya sebagai eksekutor tendangan penalti. Pemain asal Kroasia tersebut tidak menyia-nyiakan kepercayaan yang diberikan.

Drawing 16 Besar Liga Champions Asia: Cristiano Ronaldo Cs Tantang Sesama Klub Arab Saudi

Apes bagi tim tuan rumah. Pada menit 11 giliran mereka yang diganjar penalti oleh wasit. Rezaldi Hehanusa melakukan pelanggaran tidak perlu dengan mengalungkan lengan ke leher lawan.

Shahril menjadi algojo penalti tersebut. Tendangannya sempat dihalau oleh Rizky, namun bola muntah berhasil dia sambar dan menjadi gol.

Dalam kondisi tertinggal, Persija meningkatkan intensitas serangan. Riko Simanjuntak dari sisi sayap kanan menjadi andalan mereka untuk membongkar lini pertahanan lawan.

Dalam situasi tertinggal, posisi Persija semakin sulit. Pada menit 36, Jaimerson Xavier diusir keluar oleh wasit karena menerima kartu kuning keduanya.

Benar saja, bermain dengan 10 orang membuat Persija kewalahan. Menit 44, Home United kembali mencetak gol melalui sundulan Song Ui-young.

Keunggulan 3-1 Home United atas Persija bertahan hingga 45 menit waktu babak pertama usai. Skuat asuhan Stefano Cugurra Teco menjadi tertinggal agregat 3-6.

Untuk lolos ke babak selanjutnya, Persija tidak boleh kebobolan lagi. Lalu mereka harus bisa membobol gawang lawan sebanyak empat kali.

Susunan Pemain:

Persija Jakarta: Rizky Darmawan; Ismed Sofyan, Jaimerson Xavier, Maman Abdurahman, Rezaldi Hehanusa, Ramdani Lestaluhu, Sandi Sute, Rohit Chand, Riko Simanjuntak, Marko Simic, Novri Setiawan.

Home United: Rudy Khairullah; Juma'at Jantan, Abdil Qaiyyim, Shakir Hamzah, Aqhari Abdullah, Izzdin Shafiq, Anumanthan Kumar, Faizal Roslan, Shahril Ishak, Fazli Ayob (Sirina Camara 34’), Song Ui-young.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya