11 Fakta Menarik Final Liga Europa: Marseille Vs Atletico

Atletico Madrid Menang.
Sumber :
  • REUTERS/Sergio Perez

VIVA - Laga final Liga Europa akan berlangsung pada Kamis 17 Mei 2018 dini hari WIB. Partai puncak ini akan mempertemukan Marseille dengan Atletico Madrid.

5 Fakta Menarik Atalanta Usai Pulangkan Liverpool di Liga Europa

Sebelum beradu di Groupama Stadium, kedua tim sudah pernah dua kali jumpa di kompetisi resmi. Pertemuan tersebut terjadi di fase grup Liga Champions musim 2008-2009.

Atletico menang dengan skor 2-1 saat menjamu tim asal Prancis tersebut pada pertemuan pertama. Sedangkan di pertemuan berikutnya, keduanya mengakhiri laga dengan skor imbang tanpa gol.

5 Fakta Menarik AS Roma Usai Singkirkan AC Milan di Liga Europa

Sebelum menyaksikan final Liga Europa, kita simak fakta-fakta menarik dari Marseille dan Atletico, yang dirangkum dari situs resmi UEFA.

Fakta-fakta Menarik Final Liga Europa:

Hasil Lengkap Liga Europa: Liverpool Menang tapi Menangis, AS Roma Singkirkan AC Milan

1. Tercatat belum pernah ada klub asal Prancis yang menjuarai UEFA Cup/Liga Europa.

2. Tim-tim asal Prancis selalu langganan menjadi runner-up, yakni Marseille (musim 1999 dan 2004), Bastia (1977) dan Bordeaux (1995).

3.  Marseille hanya menang 4 kali dalam 15 laga melawan klub-klub Spanyol di kompetisi Eropa, dan sisanya kalah 8 kali dan imbang 3 kali.

4. Pencetak gol terbanyak untuk Marseille di Liga Europa musim ini yakni Lucas Ocampos (4 gol).

5. Kapten Marseille, Dimitri Payet, sejauh ini jadi pemain dengan jumlah assist terbanyak di Liga Europa musim ini (7 assist).

6.  Bek Marseille, Adil Rami, pernah sembilan kali menghadapi Atletico ketika masih memperkuat Valencia (Menang 2, Seri 2 dan Kalah 1).

7.  Atletico sukses menjuarai Liga Europa pada 2010 dan 2012.

8. Rekor Atletico dalam 12 laga melawan klub-klub Prancis adalah menang 6 kali, seri 5 kali dan kalah sekali. Satu-satunya kekalahan itu kala melawan Lens (dengan skor 2-4 pada laga tandang) di putaran empat UEFA Cup 1999/00.

9. Atletico belum pernah mengalahkan klub Prancis di tanah Prancis sejak September 1961. Terakhir, mereka menang atas Sedan Ardennes dengan skor 3-2 di babak pertama European Cup Winners' Cup.

10.  Atletico tersingkir di fase grup Liga Champions dan terlempar ke babak 32 besar Liga Europa. Tiga dari delapan final sebelumnya dimenangi oleh klub-klub yang tersingkir dari fase grup Liga Champions, yaitu Atletico (2010), Chelsea (2013) dan Sevilla (2016).

11. Pencetak gol terbanyak Atletico di Liga Europa musim ini yakni Antoine Griezmann (4 gol). Sedangkan untuk assist Griezmann dan Angel Correa (masing-masing cetak 3 assist). (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya