Menanti Kejutan Portugal di Piala Dunia

Para pemain Timnas Portugal merayakan gol.
Sumber :
  • REUTERS/Carl Recine

VIVA - Timnas Portugal berhasil membuat kejutan di ajang Piala Eropa 2016 dengan keluar sebagai juaranya. Kini, tinggal menantikan kejutan tim berjuluk Selecao ini di level yang paling tinggi, Piala Dunia 2018.

Terpopuler: Philippe Troussier Mualaf, Timnas Portugal Keok dengan Cristiano Ronaldo

Portugal memang tim terlalu diunggulkan saat Piala Eropa edisi terakhir. Namun, Cristiano Ronaldo cs sukses memberikan bukti dengan mengalahkan Prancis lewat skor 1-0.

Keberhasilan Portugal menjuarai Piala Eropa ini adalah yang kali pertama dalam sejarah. Capaian tersebut tentunya menjadi modal penting bagi Portugal di Rusia nanti.

Hasil Lengkap: Timnas Portugal Keok dengan Ronaldo, Hujan 6 Gol Spanyol Vs Brasil

Pada gelaran Piala Dunia 2018, Portugal masuk Grup B bersama Spanyol, Maroko, dan Iran.  Tim asuhan Fernando Santos itu sendiri lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 setelah memuncaki klasemen Grup B kualifikasi zona Eropa.

Mereka mengumpulkan 27 poin dari 9 kemenangan dalam 10 laga di fase grup. Tanpa memandang remeh Maroko dan Iran, kans peluang Portugal dan Spanyol untuk bisa lolos memang lebih besar.

Hasil Lengkap: Timnas Israel Hancur Lebur, Portugal Hajar Swedia

Skenario yang kemungkinan akan Portugal usung adalah memetik kemenangan saat menghadapi Iran dan Maroko. Namun, Santos tak merasa begitu dan tetap menilai persaingan di Grup B bakal berlangsung sengit.

"Ini grup yang sangat menipu dan berbahaya. Portugal harus menerima bahwa kami adalah salah satu favorit. Tapi jika Anda melihat dengan lebih rinci, Anda bisa melihat ini sangat sulit. Spanyol secara alami favorit, seperti yang selalu saya katakan," kata Santos dilansir Soccerway.

 "Maroko telah mencetak gol dan tanpa kebobolan. Ini menunjukkan kekuatan tim, ada pemainnya yang bermain di Portugal, [Mehdi] Benatia bermain untuk Juventus dan memiliki pelatih berkualitas," sambungnya.

Portugal juga pastinya berambisi memenangkan trofi Piala Dunia 2018 untuk mengawinkan gelar dengan Piala Eropa. Apabila mampu melakukannya, mereka akan menyamai catatan Spanyol yang memenangkan Piala Dunia 2010 setelah meraih gelar Piala Eropa 2008 lalu.

Rombak Skuat Juara

Pelatih Portugal, Fernando Santos, telah mengumumkan 23 nama skuat Portugal untuk Piala Dunia 2018. Cukup mengejutkan Santos tidak menyertakan beberapa bintang Portugal saat Piala Eropa 2016 lalu.

Pemain seperti Nani, Andre Gomes, dan Renato Sanches tidak disertakan oleh Portugal. Bahkan, Eder yang mencetak gol penentu kemenangan di laga puncak kota Perancis juga tidak bawa ke Rusia.

Santos mengaku berat harus mengambil keputusan ini. Namun hal tersebut harus ia ambil karena ia ingin membentuk skuat terkuat dengan pemain yang saat ini performanya sedang di puncak.

"Menyakitkan tidak bisa menyertakan semua epmain yang bersama kami di Piala Eropa. Mereka menulis sejarah luar biasa untuk Portugal namun saya harus membuat pilihan," ucap Santos dilansir Sportsmole.

Sementara itu, Jose Mourinho malah menilai skuat saat ini lebih kuat ketimbang 2016 lalu. Manajer Manchester United asal Portugal ini sadar negaranya akan berbuat banyak di Piala Dunia nanti.

"Portugal masuk semifinal Piala Dunia 2006, plus juara Piala Eropa 2016. Maka jelas mereka salah satu tim terbaik di dunia," ungkap Mourinho, dilansir Manchester Evening News.

"Bakat-bakat baru selalu lahir. Saya bahkan menilai skuat saat ini lebih baik ketimbang dua tahun lalu. Maka saya pikir Portugal bisa mencapai kemampuan terbaiknya," lanjutnya.

Berikut Skuat Portugal untuk Piala Dunia 2018:

Kiper: Anthony Lopes (Lyon), Beto (Goztepe), Rui Patricio (Sporting Lisbon)

Belakang: Bruno Alves (Rangers), Cedric Soares (Southampton), Jose Fonte (Dalian Yifang), Mario Rui (Napoli), Pepe (Besiktas), Raphael Guerreiro (Borussia Dortmund), Ricardo Pereira (Porto), Ruben Dias (Benfica)

Tengah: Adrien Silva (Leicester), Bruno Fernandes (Sporting Lisbon), Joao Mario (West Ham), Joao Moutinho (AS Monaco), Manuel Fernandes (Lokomotiv Moscow), William Carvalho (Sporting)

Depan: Andre Silva (AC Milan), Bernardo Silva (Manchester City), Cristiano Ronaldo (Real Madrid), Gelson Martins (Sporting Lisbon), Goncalo Guedes (Valencia), Ricardo Quaresma (Besiktas)

Tak Merasa Favorit

Bintang Portugal, Cristiano Ronaldo, menilai timnya  bukanlah favorit dalam perebutan gelar juara Piala Dunia 2018. Baginya, ada negara-negara yang jauh lebih dijagokan dibandingkan Portugal.

"Kami tahu Portugal bukan favorit di Piala Dunia. Bagi saya, favoritnya adalah Spanyol, Jerman, Prancis, Argentina dan Brasil." kata Ronaldo dilansir Goal International.

"Kami adalah bagian dari kelompok tim yang tahu bagaimana bisa bersaing di level tertinggi."  sambung pemain Real Madrid ini.

Jadwal Pertandingan:
Portugal-Spanyol (16 Juni, Sochi) - 01.00 WIB
Portugal-Maroko (20 Juni, Moskwa Luzhniki) - 19.00 WIB
Iran-Portugal (26 Juni, Saransk) - 01.00 WIB

Rekor Penampilan di Piala Dunia
1930 - Tidak ikut serta
1934-1962 - Tidak lolos
1966 - Semifinal
1970-1982 - Tidak lolos
1986 - Babak ke-1
1990-1998 Tidak lolos
2002 - Babak ke-1
2006 - Semifinal
2010 - Babak ke-2
2014 - Babak ke-1
2018 - Lolos kualifikasi

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya