Southgate Bingung Tentukan Gelandang Bertahan di Skuat Utama

Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate (jas biru)
Sumber :
  • FA.com

VIVA – Manajer tim nasional Inggris, Gareth Southgate masih bingung untuk menentukan pemain mana yang bakal mendapatkan tempat utama di sektor gelandang bertahan. Southgate mengatakan, bahwa dua pemain tengah yang dimilikinya Eric Dier dan Jordan Henderson harus bersaing secara sehat demi menjadi pilihan utama.

Hasil Lengkap: Timnas Portugal Keok dengan Ronaldo, Hujan 6 Gol Spanyol Vs Brasil

Bersama Liverpool, Henderson menjadi jenderal lapangan tengah sekaligus kapten kesebelasan. Peran yang sama juga diperoleh Dier saat membela Tottenham Hotspur, meski terkadang ia sering kali dimainkan sebagai bek tengah atau bek sayap.

Southgate merasa senang karena mempunyai dua pemain tengah dengan naluri bertahan dan menyerang yang sangat potensial. Menurutnya, Henderson sudah matang dalam mengemban tugas sebagai 'gelandang pengangkut air'. Sementara, Dier bisa menjadi opsi untuk mengisi sektor bek sayap kanan.

Mimpi Buruk Manchester United, Pemain Ini Cedera saat Perkuat Timnas Inggris

"Saya bakal kagum jika mereka berdua (Henderson dan Dier) bukan tokoh penting bagi kami di Piala Dunia. Tetapi, ada kemungkinan keduanya tidak bisa bermain bersamaan di setiap pertandingan," kata Southgate, seperti dikutip Sky Sports.

"Ini merupakan keputusan yang penting bagi tim manajer. Sulit untuk memilih di antara mereka. Tapi kami harus memilih pemain-pemain terbaik agar dapat menyesuaikannya dengan sistem yang sudah terbangun," ujarnya menambahkan.

Bintang Manchester United Ini Jalani Debut Bersama Timnas Inggris

Mantan bek Middlesbrough ini menjelaskan lebih rinci mengenai gaya bermain Inggris di Piala Dunia mendatang. Southgate hanya ingin The Three Lions tampil dengan kekuatan lini tengah yang solid.

"Saya pikir kami hanya ingin bermain dengan poros di lini tengah agar kekuatan serangan semakin tajam," ucapnya.

Jelang berangkat ke Rusia, Inggris baru saja menyelesaikan uji coba terakhirnya pada Jumat dini hari WIB, 8 Juni 2018, dengan meraih kemenangan 2-0 atas Kosta Rika. Di laga tersebut, Henderson tampil sejak kick off dimulai namun ia hanya main 64 menit sebelum digantikan Dele Alli. Sedangkan, Dier tidak diberi kesempatan sama sekali oleh Southgate alias tidak tampil di laga tersebut. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya