Ini yang Bikin Tugas Hakim Garis di Piala Dunia Lebih Mudah

Ketua Komite Wasit UEFA, Pierluigi Collina.
Sumber :

VIVA – Penerapan video assistant referees (VAR) pada Piala Dunia 2018 membuat tugas hakim garis menjadi mudah. Sebab, Ketua Komite Wasit FIFA, Pierluigi Collina mengeluarkan aturan terbaru.

Raphael Varane Pensiun dari Timnas Prancis

Nantinya hakim garis tidak perlu mengangkat bendera tanda offside jika kondisinya sangat tipis. Kajian VAR yang kemudian menentukan apakah offside atau tidak.

"Jika nanti Anda melihat ada hakim garis tidak mengangkat bendera offside, bukan berarti dia membuat kesalahan," ujar Collina, dikutip dari Sky Sports.

Pamer Foto Ini di Instagram, Paul Pogba Banjir Hujatan dari Fans Juventus

"Itu karena mereka menghormati instruksi yang diberikan agar tetap membiarkan bendera di bawah jika posisi offside sangat tipis," imbuhnya.

Keputusan ini diambil guna mengurangi kontroversi yang bakal terjadi terkait offside. Pandangan mata hakim garis tentu akan sangat berbeda dengan yang nampak pada VAR.

Ketika Hujan 7 Gol Terjadi dalam Duel Timnas Argentina Vs Prancis di Piala Dunia

Karena jika saja hakim garis sudah mengangkat bendera, wasit akan langsung meniup peluit. Kesempatan tim yang sedang menyerang untuk mencetak gol menjadi hilang.

"Jika hakim garis tidak mengangkat bendera, permainan akan terus berjalan dan mungkin menjadi gol. Tinggal nanti dikaji melalui VAR," tutur Collina. (adi)

Raphael Varane

Akhir Kisah Raphael Varane dengan Timnas Prancis, Mimpi Jadi Kenyataan

Raphael Varane memutuskan pensiun dari Timnas Prancis. Dia mengumumkan keputusan ini pada Kamis malam WIB 2 Februari 2023. Pensiun di usia 29 tahun sangat mengejutkan.

img_title
VIVA.co.id
2 Februari 2023