10 Fakta Menarik dari Drama 6 Gol Portugal Vs Spanyol

Selebrasi gol para pemain Spanyol usai bobol gawang Portugal
Sumber :
  • REUTERS

VIVA - Portugal dan Spanyol mengakhiri laga dengan skor imbang pada penyisihan Grup B Piala Dunia 2018, Sabtu 16 Juni 2018 dini hari WIB. Keduanya menuntaskan laga dengan skor 3-3.

Hasil Lengkap: Timnas Portugal Keok dengan Ronaldo, Hujan 6 Gol Spanyol Vs Brasil

Dalam laga yang berlangsung di Fisht Stadium, Ronaldo berhasil mencetak hattrick ke gawang Spanyol. Gol-gol pemain Real Madrid itu dicetak pada menit ke-4, 44 dan 88.

Sedangkan gol Spanyol dicetak oleh Diego Costa (2 gol) dan Nacho Fernandez. Laga sengit ini pun harus berakhir dengan skor imbang 3-3.

Hasil Lengkap: Timnas Israel Hancur Lebur, Portugal Hajar Swedia

Atas hasil ini, kedua tim harus puas sama-sama meraih satu poin saja. Selanjutnya Portugal akan melawan Maroko pada 20 Juni mendatang, dan Spanyol menantang Iran sang pemuncak klasemen Grup B pada 21 Juni.

Sejumlah fakta menarik tercipta di laga ini, seperti dilansir Opta:

Cristiano Ronaldo Dicoret dari Timnas Portugal Jelang Hadapi Swedia

1. Ada enam gol tercipta di laga Portugal vs Spanyol kali ini. Torehan itu lebih banyak dari empat pertemuan sebelumnya di turnamen utama (4 gol)

2. Nacho Fernandez jadi pemain Real Madrid pertama yang mencetak gol dari luar kotak penalti di Piala Dunia. Terakhir kali terjadi dibuat oleh Fernando Hierro saat berhadapan dengan Nigeria di Piala Dunia 1998.

3. Dua gol yang dicetak Diego Costa ke gawang Portugal berasal dari dua shot on goal pertamanya.

4. Diego Costa mencetak delapan gol dari delapan pertandingan terakhirnya untuk Spanyol.

5. Ini juga menjadi brace pertama Diego Costa untk klub dan timnas sejak terakhir melakukannya di Chelsea ketika menang 4-2 atas Southampton pada April 2017.

6. Diego Costa menjadi pemain non-Spanyol kedua yang mendulang gol bagi La Furia Roja. Pemain pertama yang melakukannya adalah Roberto Lopez Ufarte yang lahir di Maroko (vs Honduras pada 1982).

7. Cristiano Ronaldo telah mencetak 51 kali hat-trick di sepanjang karirnya baik di level klub maupun timnas. Hatrick di laga ini menempatkannya sebagai pemain tertua di Piala Dunia yakni saat berumur 33 tahun 130 hari.

8. Spanyol selalu mencetak gol di 21 pertandingannya. Mereka juga tidak terkalahkan selama itu.

9. Spanyol hanya sekali melakukan clean sheet dalam enam pertandingan terakhirnya.

10. Sergio Ramos dan Andres Iniesta melakoni Piala Dunia keempatnya, menyamai torehan Xavi Hernandez, Iker Casillas, dan Andoni Zubizareta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya