5 Fakta di Balik Hasil Memalukan Timnas Jerman

Para pemain Timnas Jerman di Piala Dunia 2018
Sumber :
  • REUTERS/Kai Pfaffenbach

VIVA – Kalah di laga pembuka, Timnas Jerman yang berstatus juara bertahan dipastikan bakal jadi sorotan. Ya, Tim Panser dipermalukan Meksiko 0-1 dalam laga perdana Grup F Piala Dunia 2018 di Luzhniki Stadium, Moskow, Minggu 17 Juni 2018 WIB.

Hasil Drawing Copa America 2024

Jerman jelas diunggulkan dalam laga ini. Dengan komposisi kualitas pemain muda dan senior, ditambah status juara Piala Dunia edisi sebelumnya, Toni Kroos cs jelas lebih diperhitungkan untuk menang. Sayang, tebakan itu salah.

Lewat data dari Opta, Jerman membuat beberapa rekor buruk dalam laga ini. Akan tetapi, kemenangan Meksiko jelas membuat pasukan Juan Carlos Osorio mencatatkan rekor positif.

Meksiko Menang Telak, Timnas Indonesia Tersingkir dari Piala Dunia U-17

Diantaranya, Jerman yang akhirnya kembali kalah setelah 36 tahun tak pernah kalah di laga pembuka Piala Dunia. Kemudian, ada juga fakta soal winger muda Meksiko yang mencetak gol tunggal kemenangan Meksiko, Harold Lozano.

Meski usianya baru 22 tahun, Lozano mampu membuktikan tampil sebagai andalan. Bintang PSV Eindhoven ini jadi mimpi buruk Jerman dalam laga tersebut. Lozano mampu merobek gawang yang dijaga kiper tangguh sekaliber Manuel Neuer.

Duel Timnas Meksiko Vs Selandia Baru di Si Jalak Harupat Ditunda Gara-gara Hujan

5 Fakta Usai Kekalahan Jerman Atas Meksiko:

- Jerman gagal memperpanjang rekor tujuh kemenangan beruntun di laga pembuka Piala Dunia. Terakhir kali Jerman kalah di laga pembuka adalah pada Piala Dunia 1986 di Spanyol. Saat itu Jerman (masih Jerman Barat), kalah dari Aljazair 1-2.

- Jerman jadi tim ketiga yang berstatus juara bertahan Piala Dunia, tapi gagal menang di laga perdana edisi Piala Dunia selanjutnya. Sebelumnya ada Italia (juara 2006) ditahan imbang 1-1 oleh Paraguay di Piala Dunia 2010, Spanyol (juara 2010) kalah 1-5 dari Belanda di Piala Dunia 2014.

- kekalahan atas Meksiko di laga perdana Piala Dunia adalah yang kedua kali ditelan Jerman. Sebelumnya, Jerman kalah di laga perdana Piala Dunia 1982 dari Aljazair.

- Kemenangan atas Jerman menggenapkan rekor Meksiko, sukses memetik kemenangan di laga pembuka dalam tujuh Piala Dunia secara beruntun.

- Hirving Lozano, winger muda 22 tahun pencetak gol kemenangan Meksiko mampu mencetak gol langsung lewat tembakan pertama dalam laga ini. Sebelumnya, Lozano baru mampu mencetak gol dalam lima tembakan di ajang kualifikasi Piala Dunia 2018 zona CONCACAF. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya