Saat Penalti Berteman Akrab dengan Piala Dunia

Eksekusi penalti Cristiano Ronaldo ke gawang Spanyol
Sumber :
  • Reuters/Lucy Nicholson

VIVA – Sebuah fakta unik menyelimuti Piala Dunia 2018, Rusia. Dalam Piala Dunia edisi ke-21 ini, terkesan ada hubungan yang begitu akrab antara turnamen dengan penalti.

Momen STY Dilempar Telur Kembali Viral Jelang Indonesia vs Korsel, Warganet: Buktikan Coach

Hingga hari keempat penyelenggaraan sudah lebih dari lima penalti yang tercipta. Tepatnya, dari catatan VIVA, ada enam penalti tercipta hingga hari keempat penyelenggaraan Piala Dunia.

Itu termasuk dua penalti yang gagal dieksekusi, oleh Lionel Messi dan Christian Cueva.

Terpopuler: Sindiran Suporter Bali United, Media Asing Puji Indonesia

Kapten Timnas Argentina, Lionel Messi, gagal mengeksekusi tendangan penalti

Banyaknya penalti yang tercipta sebenarnya tak terlepas dari penggunaan video assistant referee. Ada dua penalti yang tercipta setelah terjadinya pengamatan ulang insiden lewat VAR.

Lionel Messi dan Sergio Busquets Bikin Gol, Inter Miami Amankan Puncak Klasemen

Itu adalah penalti yang tercipta di laga Prancis versus Australia dan Peru kontra Denmark.

Peran VAR dalam dua penalti tersebut merupakan momentum yang begitu penting. Itu merupakan dua penalti pertama yang tercipta setelah wasit mengevaluasi kejadian lewat VAR.

Di awal, banyak yang ragu tentang penggunaan VAR karena akan memakan waktu lebih lama. Namun, berbagai macam simulasi yang dilakukan di berbagai kompetisi domestik ternyata sangat efektif.

Proses evaluasi lewat VAR ternyata begitu cepat dan hasilnya terbilang sangat akurat.

Tetap Tuai Keluhan

Kecekatan ofisial pertandingan dalam menggunakan VAR demi menganalisa insiden-insiden tertentu, bukan berarti menghilangkan keluhan dari tim-tim peserta.

Tetap ada tim yang merasa dirugikan lewat evaluasi melalui VAR. Australia adalah tim yang merasa paling dirugikan.

Pelatih Australia, Bert van Marwijk, merasa heran dengan sikap wasit di laga tersebut yang harus menentukan penalti atau tidak lewat VAR. Marwijk menilai wasit terkesan tak punya ketegasan dalam memimpin.

Ketika Antoine Griezmann dijatuhkan Josh Ridson, wasit menunjukkan gestur yang mengindikasikan tak ada pelanggaran tercipta. Bahkan, terkesan tak tahu apa yang terjadi.

Striker Prancis Antoine Griezmann saat ditekel bek Australia, Josh Risdon.

"Saya lihat dia berdiri di sana. Bahasa tubuhnya adalah, tak tahu apa yang terjadi. Lalu, kalian harus berpikir untuk ambil keputusan, Prancis atau Australia?" kata Marwijk dilansir Mirror.

"Saya tak melihat kembali rekaman televisi. Dari posisi saya berdiri, pendapat saya adalah itu bukan penalti," lanjutnya.

Marwijk pun berharap wasit bisa lebih jeli dalam melihat berbagai insiden di Piala Dunia. VAR memang penting, namun menurutnya performa wasit lebih vital perannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya