Cerita Tim Debutan Malah Senang Dibantai Belgia

Ekspresi kecewa para pemain Timnas Panama usai kalah telak dari Belgia
Sumber :
  • REUTERS/Hannah McKay

VIVA – Kekalahan telak harus ditelan tim debutan, Timnas Panama, atas favorit juara, Belgia, dalam laga perdana Grup G Piala Dunia 2018 di Fisht Stadium, Sochi, Senin 18 Juni 2018 WIB. Armada Los Canaleros digasak Belgia 0-3.

Hasil Drawing UEFA Nations League: Timnas Italia dan Prancis Tergabung di Grup Neraka

Sebenarnya, Panama sempat mampu meredam agresivitas Eden Hazard cs. Tampil disiplin di babak pertama, Panama mampu menahan imbang Belgia 0-0. Namun saat memasuki babak kedua, pertahanan Panama mulai kendor.

Kalah kualitas pemain, jelas jadi masalah utama Panama. Meski demikian, pelatih Panama, Hernan Dario Gomez, mengaku dapat banyak pelajaran dalam laga ini. Gomez yang sudah pernah membawa Kolombia dan Ekuador, menembus putaran final Piala Dunia, merasa dalam laga ini ia seperti melakoni debut melatih tim di Piala Dunia.

Romelu Lukaku Lebih Garang Ketimbang Cristiano Ronaldo dan Kylian Mbappe

Meski kalah telak, Gomez menilai performa anak asuhnya tak buruk. Pernyataan Gomez jadi bukti jika timnya kalah kualitas dari para bintang Belgia.

"Saya pikir kami mendapatkan banyak pelajaran dari pertandingan hari ini. Itu adalah sebuah hari yang sangat emosional. Ini adalah Piala Dunia kelima saya. Tapi rasanya, ini seperti jadi yang pertama kali," ujar Gomez dikutip FIFA.com.

Hasil Pertandingan Kualifikasi Piala Eropa: Belgia Ngamuk, Spanyol dan Portugal Menang

Pelatih Timnas Panama, Hernan Dario Gomez

"Tim ini masih sangat emosional di awal pertandingan. Tapi seiring berjalannya waktu, fokus mereka menjadi lebih baik. Ini adalah pengalaman yang luar biasa bagi negara kami dan saya pikir penampilan kami tidak buruk," Kata Gomez melanjutkan.

Selain itu, Gomez juga sedikit kecewa dengan kekalahan telak yang dialami timnya. Meskipun, Gomez menegaskan jika pasukannya kalah dengan terhormat.

Timnas Panama di Piala Dunia 2018

"Anda tidak akan pernah bahagia saat Anda kalah. Tapi saya beri tahu Anda, para pemain saya, mereka kalah dengan terhormat," ucapnya.

Selanjutnya, Panama akan kembali berhadapan dengan lawan kuat yang juga favorit juara, Inggris. Duel Panama kontra Inggris dalam matchday 2 Grup G Piala Dunia 2018, akan digelar di Nizhny Novgorod Stadium, Nizhny Novgorod, 24 Juni 2018 WIB.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya