5 Fakta Menarik Usai Laga Belgia Vs Tunisia

Skuat timnas Belgia merayakan kemenangan atas Tunisia.
Sumber :
  • REUTERS/Kai Pfaffenbach

VIVA – Belgia berhasil memastikan satu tempat di babak 16 besar usai menggulung Tunisia 5-2. Kemenangan ini juga membuat Belgia menjadi tim yang paling produktif dengan sudah mengoleksi delapan gol dari dua pertandingan.

Hasil Drawing UEFA Nations League: Timnas Italia dan Prancis Tergabung di Grup Neraka

Sebelumnya, Belgia mampu menang 3-1 atas Panama pada laga perdana penyisihan Grup G Piala Dunia 2018. The Red Devils memang digadang-gadang sebagai kuda hitam dalam perburuan gelar pada edisi kali ini.

Performa dua penyerang Belgia, Eden Hazard dan Romelu Lukaku menuai banyak pujian. Keduanya berhasil menyarangkan masing-masing dua gol bagi negaranya.

Romelu Lukaku Lebih Garang Ketimbang Cristiano Ronaldo dan Kylian Mbappe

Hasil ini membuat motivasi semakin berlimpah jelang pertandingan pamungkas penyisihan Grup G melawan Inggris di Kaliningrad Stadium pada 30 Juni 2018 dinihari WIB.

Sementara, kekalahan dari Belgia membuat harapan Tunisia untuk melaju ke babak 16 semakin tertutup. Sebab, mereka sekarang berharap Panama bisa mengalahkan Inggris agar kans Tunisia untuk lolos ke fase knock out menjadi terbuka lagi.

Hasil Pertandingan Kualifikasi Piala Eropa: Belgia Ngamuk, Spanyol dan Portugal Menang

Bila Inggris kalah dari Panama, Tunisia wajib menang di laga terakhir penyisihan Grup G saat bersua Panama pada 30 Juni 2018 dinihari WIB mendatang di Mordovia Arena.

Berikut sejumlah fakta menarik usai laga Belgia vs Tunisia, seperti dilansir Opta:

1. Belgia mampu memenangkan enam pertandingan di penyisihan grup Piala Dunia dalam tiga edisi terakhir. Mereka mampu menang 2 kali di tahun 2002, sekali di tahun 2014 dan dua kali pada 2018.

2. Tunisia memperpanjang rekor tak pernah menang di Piala Dunia selama 13 pertandingan terakhir dengan catatam 4 kali seri dan 9 kekalahan.

3. Penyerang Belgia, Romelu Lukaku berhasil mencetak 17 gol dalam 11 pertandingan terakhirnya di tim nasional.

4. Lukaku menjadi sukses menjadi pemain yang mampu mencetak dua gol secara berturut-turut di Piala Dunia. Terakhir hal tersebut dilakukan oleh Diego Maradona pada Piala Dunia 1986.

5. Belgia telah memenangkan 11 dari 12 pertandingan kompetitif mereka di bawah asuhan Roberto Martinez. Mereka juga mampu mencetak 51 gol dan hanya kebobolan 8 gol.

6. Eden Hazard telah terlibat di 23 gol dalam 21 penampilan terakhirnya bersama Belgia dengan torehan 11 gol dan 12 assist.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya