Hegemoni Messi dan Ronaldo Tak Punya Arti di Piala Dunia

Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.
Sumber :
  • REUTERS/Eddie Keogh

VIVA – Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo kembali bernasib nahas di Piala Dunia. Untuk kesekian kali mereka gagal meraih sukses di pentas akbar ini.

Rasmus Hojlund Lebih Pilih Legenda MU Dibanding Cristiano Ronaldo, Kenapa?

Membela Argentina, Messi pulang kampung usai dikalahkan gebuk Prancis 3-4. Setali tiga uang, Ronaldo pun harus rela angkat koper setelah Portugal dikalahkan Uruguay 1-2.

Fakta ini sungguh miris, mengingat Messi dan Ronaldo digadang-gadang sebagai dua pemain terbaik dunia saat ini. Bukti sahih kehebatan mereka secara individu sudah sangat jelas, masing-masing telah meraih lima Ballon d'Or.

Terpopuler: Sindiran Suporter Bali United, Media Asing Puji Indonesia

Dalam satu dekade terakhir hegemoni Messi dan Ronaldo sebagai pemain terbaik tak terpatahkan. Dalam nominasi Ballon d'Or, keduanya selalu menjadi kandidat. Adapun satu nama lain yang terselip, hanya merupakan pelengkap.

Lionel Messi

Lionel Messi dan Sergio Busquets Bikin Gol, Inter Miami Amankan Puncak Klasemen

Satu-satunya yang bisa mengalahkan dua pemain tersebut hanya seorang Ricardo Izecson, atau dikenal dengan panggilan Kaka. Dia memenangi Ballon d'Or pada 2007 dan memaksa Ronaldo serta Messi duduk di posisi dua dan tiga.

Namun prestasi di klub dan individu keduanya menjadi tak berarti Piala Dunia. Mereka sama-sama tidak bisa berbuat banyak buat negaranya. Messi bahkan cuma sanggup mencetak sebiji gol bagi Argentina kali ini. Sedangkan Ronaldo sedikit lebih baik, menyumbang empat gol, termasuk sebiji hattrick ketika melawan Spanyol di laga awal.

Pemain timnas Portugal, Cristiano Ronaldo

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya