Menjadi Kandidat Teratas Pelatih Timnas Spanyol, Martinez Kaget

Pelatih timnas Belgia, Roberto Martinez
Sumber :
  • REUTERS/Gonzalo Fuentes

VIVA – Pelatih tim nasional Belgia, Roberto Martinez, mengaku terkejut setelah namanya menjadi kandidat teratas untuk mengisi jabatan sebagai arsitek timnas Spanyol. Eks manajer Everton itu merupakan calon yang paling disukai oleh Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF).

Hasil Drawing UEFA Nations League: Timnas Italia dan Prancis Tergabung di Grup Neraka

La Furia Roja kini tengah mencari pelatih baru usai tersingkir dari Rusia di babak 16 besar Piala Dunia 2018 melalui drama adu penalti. Mengutip Cadena Ser, ada nama-nama lain seperti Luis Enrique, Quique Sanchez, dan Michel yang diisukan akan menjadi suksesor Fernando Hierro.

Ketika mendengar namanya menjadi kandidat terkuat, Martinez merasa tak menyangka dan enggan memikirkan rumor tersebut lebih jauh lagi. Sebab, ia sendiri tidak bisa memastikan masa depannya.

Romelu Lukaku Lebih Garang Ketimbang Cristiano Ronaldo dan Kylian Mbappe

"Saya akan sangat terkejut karena saya tidak begitu terkenal di Spanyol. Ketika datang ke sepakbola, saya tidak pernah memikirkan apa yang saya bisa lakukan besok," kata Martinez kepada Cadena Cope.

"Apa yang saya pelajari dalam sepakbola adalah fokus pada hari ini, dan apa yang terjadi selanjutnya tergantung pada apa yang Anda berikan kepada klub atau timnas. Saya selalu tertarik menerima sebuah proyek yang memungkinkan saya bekerja ketenangan dan ada visi untuk tidak kalah dalam tiga pertandingan awal," ujarnya menambahkan.

Hasil Pertandingan Kualifikasi Piala Eropa: Belgia Ngamuk, Spanyol dan Portugal Menang

Namun, Spanyol tampaknya harus gigit jari karena Martinez sudah terikat kontrak dengan Belgia hingga Piala Eropa 2020. Dan, dia mengatakan tidak ada klausul pelepasan dalam kontraknya.

"Pertanyaan ini (tentang tawaran dari Spanyol) datang pada saat yang salah. Saat ini saya hanya fokus di Belgia karena tim ini sedang berada di perempat final Piala Dunia," tutur pelatih berusia 44 tahun tersebut. 

Seperti diketahui, Spanyol secara mengejutkan memecat Julen Lopetegui ketika dua hari jelang Piala Dunia 2018 bergulir akibat menandatangani kontrak dengan Real Madrid tanpa sepengetahuan RFEF. Selama di Rusia, Sergio Ramos cs, dibesut oleh pelatih interim Fernando Hierro. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya