Geger Transfer Ronaldo ke Juventus

Megabintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo.
Sumber :
  • Reuters / Jon Nazca

VIVA – Di tengah ingar bingar Piala Dunia 2018, megabintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo, membuat geger jagat sepakbola. Dia diisukan selangkah lagi bergabung ke Juventus.

Kuota Eropa Lengkap! Berikut 24 Tim yang Pastikan Tiket ke Piala Dunia Antarklub 2025

Ini tentu saja menjadi kabar yang mengejutkan. Pasalnya, dalam beberapa pekan sebelumnya, pemain berusia 33 tahun itu lebih sering diisukan bakal kembali ke Manchester United.

Isu panas ini kian heboh, karena proses transfer Ronaldo ke Juventus, berlangsung singkat. Football Italia mengklaim, Ronaldo akan resmi jadi pemain Juventus, akhir pekan ini.

Kata Guardiola Usai Manchester City Disingkirkan Real Madrid

Football Italia mengabarkan, pemain yang akrab disapa CR7 itu akan terbang ke Turin dan langsung diperkenalkan sebagai pemain anyar Juventus, Sabtu 7 Juli 2018.

Ronaldo diyakini sudah sepakat dengan Juventus soal kontrak. Dia akan ditebus seharga 100 juta euro dari Real Madrid. Dia juga bakal mendapat kontrak empat tahun serta bayaran fantastis, 30 juta euro per musim.

Drama Adu Penalti, Ini 5 Fakta Real Madrid Pulangkan Manchester City di Liga Champions

Florentino Perez

Kubu Real Madrid dikabarkan sudah pasrah memaksa Ronaldo bertahan. Itu sebabnya Presiden El Real, Florentino Perez,  menerima proposal Direktur Juventus, Beppe Marotta, saat kedua pihak bertemu Kamis lalu.

Sejak keberhasilan Madrid merebut gelar Liga Champions musim ini, Ronaldo memang mengindikasikan bakal pergi. Sejumlah faktor ditengarai menjadi penyebab. Yang paling santer adalah karena urusan gaji.

Bintang asal Portugal itu menuntut kontrak baru dengan kenaikan signifikan. Dia mau bayaran setara Lionel Messi yang mencapai 40 juta euro. Saat ini Ronaldo diketahui menerima penghasilan 21 juta euro dari Madrid.

Tapi, seperti dikutip Marca, belakangan berkembang isu lain tentang pemicu keinginan hengkangnya Ronaldo yang ternyata ada kaitan dengan transfer Neymar ke PSG.

Musim panas lalu, PSG menebus Neymar 222 juta euro. Merasa sudah punya jasa besar dan dianggap penting oleh Madrid, Ronaldo pun meminta klausul pelepasan dalam kontrak barunya.

Italian Job Ala Juventus 

Beppe Marotta (kanan)

Banyak yang tak menduga serta tidak yakin rencana Juventus mendapatkan Ronaldo dapat terlaksana. Namun, media di Italia dan Spanyol, kini cenderung optimistis Ronaldo akan benar-benar berlabuh ke tim berjuluk 'Si Nyonya Tua' itu.

Yang membuat banyak kalangan tidak yakin Ronaldo akan pindah ke Juventus adalah perkara gaji. Kabarnya, bintang asal Portugal tersebut akan diberi bayaran bersih 30 juta euro per musim dan kontrak empat tahun sekaligus.

Sebuah hal yang di luar perkiraan. Sebab di Juventus sekarang, pemain bergaji tertinggi adalah Gonzalo Higuain, sekitar 7 juta, atau hanya seperempat dari tawaran buat Ronaldo.

Meski banyak yang ragu, namun Juventus tetap punya akal untuk mengupayakan transfer Ronaldo. Strategi keuangan sudah disusun dengan rapi oleh manajemen yang akan melibatkan segala unit usaha keluarga pemilik Juventus, seperti FIAT serta Ferrari.

Dilansir Football Italia, untuk Ferrari, mereka kemungkinan mengangkat Ronaldo sebagai global ambassador dan akan membantu Juventus membayar sebagian gaji Ronaldo. Begitu juga dengan FIAT yang kemungkinan mengikat kesepakatan sponsor.

Megabintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo.

Langkah ini dianggap jitu karena selain mampu memuaskan Ronaldo, Juventus juga kemungkinan terhindar dari jerat regulasi financial fair play (FFP). Sebab, mereka mampu menyeimbangkan neraca keuangan tim, walau sudah jor-joran.

Juventus disinyalir tidak takut bakal mengalami kerugian dengan membeli dan menggaji mahal Ronaldo. Urusan uang sepatutnya bukan menjadi kendala, karena sudah ada hitung-hitungan nyata.

Nama besar serta basis fans yang dimiliki Ronaldo adalah jaminan bagi Juventus. Mereka tidak merasa rugi menggelontorkan banyak uang karena penghasilan yang akan didapat juga setimpal.

Belum bergabung saja, Ronaldo ditaksir sudah menghasilkan sekitar 160 juta euro untuk Juventus. Angka itu berasal dari saham Juventus yang meroket di pasar modal dalam tiga hari terakhir sejak isu kedatangan Ronaldo bergulir.

Persentase kenaikan nilai saham Juventus diperkirakan mencapai 22 persen. Modal saham mereka bergerak dari sebelumnya 665 juta euro, sekarang menjadi 825 juta euro.

Ronaldo Siapkan Istana di Turin

Calon rumah Cristiano Ronaldo di Turin, Italia

Sejak kabar Ronaldo bakal gabung ke Juventus berembus, isu pun semakin melebar. Termasuk soal di mana Ronaldo akan tinggal selama berkostum Juventus.

Pindah ke Italia dalam waktu yang lama, Ronaldo tentunya harus mencari rumah baru. Dilansir Republic, perusahaan properti Italia, Cesare Furbatto, mengklaim sudah mendapat pesanan mencarikan rumah mewah untuk CR7. 

Mereka bahkan menyebut pesanan itu sudah datang sejak Sabtu 30 Juni 2018. Ada satu rumah yang mereka siapkan untuk Ronaldo. Rumah tersebut pernah ditempati oleh Zinedine Zidane dan Fabio Cannavaro.

Letaknya ada di San Vito Revigliasco, dekat Parco di San Vito. Lokasi rumah ini terbilang bagus. Berada di kaki bukit Turin, rumah itu dikelilingi pemandangan alam yang luar biasa.

Megabintang Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo

Soal fasilitas, calon rumah Ronaldo bak istana. Ada delapan kamar tidur, kolam renang dalam ruangan, meja biliar, dan fasilitas pendukung lainnya di sana. Luas rumah ini juga terbilang luar biasa, ribuan meter persegi.

Band legendaris asal Republik Irlandia, U2, kabarnya sempat berniat untuk memakai calon rumah Ronaldo ini sebagai markas. Namun, mereka membatalkannya. Sebab, biaya sewanya terlalu mahal. 

Faktanya, harga sewa rumah ini benar-benar mahal. Satu hari saja, sewa rumah ini mencapai Rp672 juta. Dan saat U2 berniat untuk memakainya selama enam hari, mereka dikenakan biaya Rp4,7 miliar. Edan! (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya