Atasi Rusia, Kroasia Tantang Inggris di Semifinal

Bek Kroasia Domagoj Vida saat merayakan gol ke gawang Rusia.
Sumber :
  • REUTERS

VIVA – Kroasia melengkapi formasi semifinal Piala Dunia 2018. Mereka memastikan langkah setelah berhasil mengalahkan tuan rumah Rusia dalam laga dramatis di Olimpiyskiy Stadion Fisht, Sabtu, 6 Juli 2018, atau Minggu dini hari waktu Indonesia.

Hasil Lengkap: Timnas Indonesia Cuma Imbang, Jerman Dibekuk Austria

Tampil di perempatfinal, Kroasia menang adu penalti 4-3. Kedua tim sebelumnya bermain seri 2-2 pada waktu normal dan tambahan.

Di babak pertama, Rusia unggul lebih dulu melalui lesakan apik dari Denis Cheryshev. Dia mencetak gol dengan tendangan jarak jauh di menit 31.

Hasil Lengkap Sepakbola: Timnas Spanyol dan Kroasia Pesta Gol, Portugal Menang Tipis

Namun, hanya delapan menit berselang, Kroasia bisa menyamakan kedudukan. Andrej Kramaric mencetak gol dengan sundulan setelah mendapatkan umpan manis dari Mario Mandzukic. Skor 1-1 bertahan sampai turun minum.

Di menit 59, Kroasia nyaris unggul. Sayangnya, sepakan datar dari Ivan Perisic masih membentur tiang gawang.

Girangnya Benteng Baru Manchester City Tak Hadapi Haaland Lagi

Pergantian pemain juga dilakukan kedua tim untuk penyegaran. Namun usaha itu tidak memberikan efek signifikan. Tetap saja mereka gagal mencetak gol tambahan.

Timnas Kroasia melawan Rusia

Pada waktu ekstra pertama, Kroasia kembali mendominasi. Mereka terus menekan Rusia. Di menit 100, Damagoj Vida melakukan over lap dan berhasil membobol gawang lawan dengan sundulan menyambut umpan Luka Modric.

Dalam kondisi balik tertinggal 1-2, Rusia yang mendapat dukungan penuh dari publiknya bermain kian agresif. Mereka gantian menekan pertahanan Kroasia dan berjuang membuat banyak peluang.

Upaya mereka berbuah hasil di menit 115. Mario Fernandes membobol gawang Kroasia dengan tandukan yang memanfaatkan umpan free kick dari Alan Dzagoev. Kedudukan imbang 1-1 pun bertahan sampai waktu tambahan berakhir.

Pertandingan kemudian dilanjutkan dengan adu penalti. Kroasia mampu mengkonversi empat tendangan dari titik 12 pas menjadi gol, sedangkan dua eksekutor Rusia gagal menjalankan tugasnya dengan baik. Tim asuhan Zlatko Dalic menang 4-3 dan akan menantang Inggris di semifinal.

Susunan pemain:

Rusia: Igor Akinfeev, Fyodor Kudryashov, Sergei Ignashevich, Mario Figueira, Ilja Kutepov, Alexander Samedov (Alexandr Erokhin 54'), Denis Cheryshev (Fyodor Smolov 67'), Roman Zobnin, Daler Kuzyaev, Aleksandr Golovin (Alan Dzagoev 102'), Artem Dzyuba (Yury Gazinskiy 79').

Kroasia: Danilej Subasic, Damagoj Vida, Ivan Strinic (Josip Pivaric 74'), Dejan Lovren, Sime Vrsaljko (Vedran Corluka 97'), Luka Modric, Ivan Rakitic, Ivan Perisic (Marcelo Brozovic 63'), Mario Mandzukic, Andrej Kramaric (Mateo Kovacic 88'), Ante Rebic.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya