Piala Dunia 2018, Dominasi Wakil Eropa Kali Kelima

Para pemain Belgia merayakan kelolosan ke semifinal Piala Dunia 2018.
Sumber :
  • Reuters/John Sibley

VIVA – Piala Dunia 2018 sudah memasuki babak semifinal. Empat tim yang akan bertarung demi menunju partai puncak semuanya berasal dari benua Eropa.

Mimpi Buruk Manchester United, Pemain Ini Cedera saat Perkuat Timnas Inggris

Belgia akan menantang Prancis, lalu Kroasia berhadapan dengan Inggris. Ada fakta menarik yang muncul dari capaian wakil benua biru kali ini.

Dikutip dari laman resmi FIFA, ini merupakan kelima kalinya wakil Eropa mendominasi semifinal Piala Dunia. Sebelumnya mereka melakukan pada 1934, 1966, 1982, dan 2006.

Bintang Manchester United Ini Jalani Debut Bersama Timnas Inggris

Menariknya lagi, semua tim yang lolos saat ini pernah juga bermain di semifinal. Belgia mencapainya pada 1986, empat tahun kemudian giliran Inggris.

Sedangkan Kroasia melaju hingga ke semifinal pada Piala Dunia 1998. Lalu, ada Prancis yang terakhir kali mencicipinya pada 2006 lalu.

Hasil Lengkap: Timnas Jerman Bekuk Prancis, Inter Miami Dibantai Tanpa Lionel Messi

Akan tetapi, hanya dua dari empat tim di atas yang bisa menjadi juara pada Piala Dunia. Inggris menjadi juara di Piala Dunia 1966, lalu Prancis berjaya pada 1998.

Pada ajang bergengsi edisi ke-21 kali ini, Belgia dan Kroasia punya peluang untuk mencatatkan sejarah pertama kali menggondol trofi juara. (one)

Kapten Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo

Hasil Lengkap: Timnas Portugal Keok dengan Ronaldo, Hujan 6 Gol Spanyol Vs Brasil

Ada Timnas Portugal yang justru keok saat menurunkan Cristiano Ronaldo dan juga drama 6 gol antara Timnas Spanyol vs Timnas Brasil.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024