11 Tahun Lalu, Kroasia Pancung Inggris di Wembley

Timnas Inggris gagal lolos ke Piala Eropa 2008 usai kalah dari Kroasia
Sumber :
  • Bleacher Report

VIVA – Jelang pertandingan semifinal Piala Dunia 2018 antara Inggris kontra Kroasia, mari sedikit mengingat duel sengit kedua tim 11 tahun silam. Saat itu, Kroasia di bawah komando Slaven Bilic membuat seluruh Negeri Ratu Elizabeth berduka.

Mimpi Buruk Manchester United, Pemain Ini Cedera saat Perkuat Timnas Inggris

Inggris menyimpan dendam saat dikalahkan Kroasia 0-2 dalam pertemuan pertama Grup E kualifikasi Piala Eropa 2008. Tepatnya pada 11 Oktober 2006 di Maksimir Stadium, gol penyerang naturalisasi, Eduardo, dan gol bunuh diri Gary Neville, membuat Inggris harus pulang dengan tangan hampa.

Dendam itu kemudian dibawa ke markas kebesaran Tim Tiga Singa, Wembley Stadium. Punya nama-nama besar seperti Sol Campbell, Michael Owen, Frank Lampard, dan Steven Gerrard, Inggris diprediksi bakal habis-habisan di laga terakhir grup. 

Bintang Manchester United Ini Jalani Debut Bersama Timnas Inggris

Sebab, Inggris wajib menang untuk meraih tiket putaran final Piala Eropa 2008. Tapi apa yang terjadi? Dalam laga setahun berselang, gol cepat Niko Kranjcar, ditambah dua gol lainnya yang dibuat Ivica Olic dan Mladen Petric, mengubur mimpi Inggris untuk bisa tampil di Austria-Swiss.

Luka yang dibuat Kroasia sepertinya takkan bisa ditutup begitu saja. Meskipun, Inggris berhasil dua kali menggilas Kroasia saat kembali jumpa di kualifikasi 2010.

Hasil Lengkap: Timnas Jerman Bekuk Prancis, Inter Miami Dibantai Tanpa Lionel Messi

"Walaupun Anda adalah sebuah negara yang besar, Anda tidak lantas bisa mengatakan itu. Karena, pencapaian kami 20 tahun lalu adalah masuk ke semifinal. Setidaknya kami sama-sama sukses. Mari kita bertindak adil. Sebab, Kroasia dan Inggris sama-sama belum menampilkan yang terbaik," ujar Bilic dikutip The Telegraph.

Selanjutnya, siapakah yang akan masuk ke partai final Piala Dunia edisi ke-21? Jawabannya akan ada di Luzhniki Stadium saat Kroasia berhadapan dengan Inggris dalam laga semifinal Piala Dunia 2018, Kamis 12 Juli 2018 dini hari WIB.

Kapten Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo

Hasil Lengkap: Timnas Portugal Keok dengan Ronaldo, Hujan 6 Gol Spanyol Vs Brasil

Ada Timnas Portugal yang justru keok saat menurunkan Cristiano Ronaldo dan juga drama 6 gol antara Timnas Spanyol vs Timnas Brasil.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024