Prancis Vs Kroasia, Kesempatan Balas Dendam 20 Tahun Silam

Pemain Kroasia merayakan kemenangan atas Inggris
Sumber :
  • REUTERS/Maxim Shemetov

VIVA – Finalis Piala Dunia 2018 sudah ditentukan. Prancis dan Kroasia akan bertemu di laga pamungkas pada Minggu, 15 Juli 2018 mendatang.

Target Tinggi Thierry Henry Bersama Timnas Prancis di Olimpiade 2024

Prancis melaju setelah mengandaskan Belgia di semifinal. Sedangkan Kroasia melangkah usai mengandaskan perlawanan Inggris.

Pertemuan Prancis dengan Kroasia ini pun langsung mengingatkan publik kepada duel panas keduanya di 1998. Mereka bertemu pada semifinal.

Profil Mahamadou Diawara, Pemain yang Dicoret dari Timnas Prancis Gegara Dilarang Puasa

Kala itu Prancis menang 2-1 di kandangnya sendiri. Lilian Thuram menjadi pahlawan kemenangan dengan dua golnya di menit 47 serta 69, padahal Kroasia lebih dulu unggul lewan aksi Davor Suker.

Pada pehelatan itu, Prancis akhirnya keluar sebagai juara mengalahkan Brasil di final. Sementara Kroasia merebut peringkat ketiga, menumbangkan Belanda lewat adu penalti.

Comeback Mengerikan Toni Kroos di Timnas Jerman

Tepat 20 tahun berlalu, kini kesempatan bagi Kroasia menebus kegagalan atas Prancis. Dengan skuat yang mumpuni, misi balas dendam sangat mungkin diwujudkan.

Namun itu tetap bukan perkara mudah. Prancis yang punya gaya sama seperti Kroasia, mengandalkan serangan balik cepat dari sayap, juga memiliki skuat serta permainan solid.

Apalagi mereka juga sudah cukup memiliki pengalaman tampil di final, karena dua tahun lalu hampir dengan komposisi pemain serupa, pelatih Didier Deschamps mampu mengantarkan Les Bleus mencapai laga pamungkas Piala Eropa, meski harus kalah dari Portugal. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya