Kegagalan di PD 1998 Dongkrak Motivasi Kroasia di Final

Pelatih Timnas Kroasia, Zlatko Dalic
Sumber :
  • REUTERS/Maxim Shemetov

VIVA – Kroasia tampil di final Piala Dunia untuk pertama kalinya. Negara kecil itu memperbaiki catatan pada 1998 saat ‘hanya’ menjadi semifinalis. Pelatih Kroasia, Zlatko Dalic, mengungkapkan bagaimana merasakan pedihnya kekalahan dari Prancis kala itu.

Ungkapan Mengejutkan Diego Simeone soal Kartu Merah Beckham di Piala Dunia 1998

"Pada 1998 saya berada di Prancis sebagai suporter. Semua orang Kroasia ingat ketika Lilian Thuram (bek Prancis) mencetak gol dan kami kalah 1-2," kata Dalic seperti dilansir laman resmi FIFA, Kamis 12 Juli 2018.

Dalic mengungkapkan laga bersejarah itu terus menjadi bahan diskusi sepanjang 20 tahun. Pendukung Kroasia masih ingat bagaimana mereka merayakan gol Davor Suker, tapi sesaat kemudian dibuat tertunduk sedih.

Dokumenter Netflix Ungkap David Beckham Depresi Setelah Diganjar Kartu Merah di Piala Dunia 1998

Uniknya, Kroasia akan kembali bertemu Prancis di Piala Dunia. Bukan di semifinal, melainkan di final. Akankah laga itu menjadi ajang balas dendam?

"Kedua tim telah menunjukkan kualitas. Kami tidak dalam rangka balas dendam. Ini adalah sepakbola, ini adalah olahraga, tetapi apa yang kami fokuskan adalah persiapan untuk menampilkan permainan terbaik di final," kata Dalic.

Hasil Lengkap Sepakbola: Timnas Spanyol dan Kroasia Pesta Gol, Portugal Menang Tipis

Kroasia sukses mengukir sejarah sebagai negara terkecil yang pernah masuk final Piala Dunia. Kroasia melenggang ke semifinal usai menaklukkan Inggris 2-1. (one)
 

Duel Timnas Austria vs Timnas Jerman

Hasil Lengkap: Timnas Indonesia Cuma Imbang, Jerman Dibekuk Austria

Berikut hasil lengkap pertandingan sepakbola semalam hingga Rabu dini hari WIB. Dari mulai hasil imbang yang diraih Timnas Indonesia hingga kekalahan Timnas Jerman.

img_title
VIVA.co.id
22 November 2023