Antar Prancis Juara, Deschamps Sejajar dengan Beckenbauer

Pelatih Prancis, Didier Deschamps
Sumber :
  • REUTERS

VIVA – Prestasi gemilang ditorehkan Didier Deschamps. Dia baru saja sukses membawa Timnas Prancis meraih gelar Piala Dunia 2018.

Momen STY Dilempar Telur Kembali Viral Jelang Indonesia vs Korsel, Warganet: Buktikan Coach

Di bawah asuhan Deschamps, Les Bleus tampil apik sepanjang turnamen di Rusia. Pada partai puncak di Stadion Luzhniki, Minggu, 15 Juli 2018, Prancis pun menekuk Kroasia dengan skor meyakinkan, 4-2.

Bagi Deschamps, ini adalah kali kedua dia merasakan membawa tim ke final turnamen besar. Dua tahun lalu, dalam perhelatan di kandang sendiri, Prancis lolos ke laga pamungkas Piala Eropa, meski akhirnya kalah dari Portugal 0-1.

Target Tinggi Thierry Henry Bersama Timnas Prancis di Olimpiade 2024

Namun di Moskow, Deschamps mampu menebus kegagalan tersebut. Dia membawa tim meraih kemenangan serta menyabet titel juara dunia.

Bagi Deschamps pribadi, prestasi itu membuatnya sejajar dengan legenda Jerman, Frans Beckenbauer, sebagai pemain, pemain serta kapten tim yang pernah merebut Piala Dunia.

Profil Mahamadou Diawara, Pemain yang Dicoret dari Timnas Prancis Gegara Dilarang Puasa

Beckenbauer diketahui menjadi juara sebagai pemain pada 1974. Dia lalu mengatarkan Jerman merebut supremasi tertinggi di kancah sepakbola tersebut sebagai pelatih pada 1990.

Pelatih Timnas Prancis, Didier Deschamps.

Adapun Mario Zagallo merupakan sosok yang juga sukses merebut Piala Dunia sebagai pemain serta pelatih. Cuma, dia tidak pernah melakukannya sebagai kapten timnas Brasil.

"Luar biasa. Ini adalah tim muda yang berada di puncak dunia. Beberapa dari mereka bahkan sudah menjadi juara di usia 19 tahun," kata Deschamps.

"Kemenangan ini bukan tentang saya, melainkan pemain. Selama 55 hari kami menjalankan pekerjaan berat. Kami bangga menjadi orang Prancis, kemenangan ini buat mereka," tegas mantan bintang Juventus tersebut dikutip Daily Mail. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya