Umumkan Skuat, Jepang Tak Bawa Pemain Senior ke Asian Games 2018

Pelatih Timnas Jepang U-23, Hajime Moriyasu
Sumber :
  • Twitter/@jfa_en

VIVA – Tim nasional Jepang kembali melanjutkan tradisinya pada cabang olahraga sepakbola putra di Asian Games 2018 dengan menurunkan skuat U-21. Pada Jumat, 3 Agustus 2018, sang pelatih, Hajime Moriyasu resmi mengumumkan 20 pemain yang bakal dibawa ke Indonesia.

Timnas Qatar U-23 Menangis Usai Dihajar Jepang di Perempat Final Piala Asia U-23 2024

Dalam komposisi 20 nama yang dibawa Moriyasu tidak terdapat 3 pemain senior, meskipun pada Asian Games aturan ini diperbolehkan. Karena, Samurai Biru berkomitmen untuk mengembangkan potensi-potensi yang dimiliki oleh setiap pemain muda di tim nasional kelompok umur dibawahnya.

"Saya bertanggung jawab atas tim nasional dan tim Olimpiade, kami perlu mulai menjembatani kesenjangan antara tim Olimpiade dan kelompok usia di bawah mereka. Kami harus bisa menggabungkan satu generasi dengan generasi berikutnya," kata Moriyasu, seperti dikutip dari Reuters.

Timnas Indonesia U-23 Tantang Jepang atau Korsel di Perempat Final? Bakal Terjawab Malam Ini

Dari 20 nama yang dibawa Moriyasu, 15 pemain berasal dari klub kontestan J-League. Sisanya merupakan pemain dari Universitas di Jepang. 

Selain itu, Moriyasu juga tidak memanggil beberapa pemain Jepang yang merumput di Eropa. Beberapa pemain muda berbakat seperti Ritsu Doan (Groningen) dan Tatsuya Ito (Hamburg) tak disertakan ke dalam skuat.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Di Asian Games 2018 cabor sepakbola putra, timnas Jepang tergabung di Grup D bersama Vietnam, Pakistan dan Nepal. Seluruh, laga di grup tersebut akan berlangsung di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Kabupaten Bekasi. Dan, menurut rencana, Samurai Biru bakal mulai latihan di Cikarang pada Senin, 12 Agustus 2018.

Berikut 20 nama pemain timnas Jepang yang dibawa ke Asian Games 2018:

Kiper: Ryosuke Kojima (Waseda University), Obi Powell Obinna (Ryutsu Keizai University)

Bek: Kou Itakura (Vegalta Sendai), Yugo Tatsuta (Shimizu S-Pulse), Teruki Hara (Albirex Niigata), Daiki Sugioka (Shonan Bellmare), Makoto Okazaki (FC Tokyo).

Gelandang: Koji Miyoshi (Hokkaido Consadole Sapporo), Yoichi Naganuma (FC Gifu), Yuta Kamiya (Ehime FC), Kaoru Mitoma (University of Tsukuba), Ryo Hatsuse (Gamba Osaka), Keita Endo (Yokohama F. Marinos), Kakeru Funaki (Cerezo Osaka), Yuto Iwasaki (Kyoto Sanga), Taishi Matsumoto (Sanfrecce Hiroshima), Kouta Watanabe (Tokyo Verdy).

Penyerang: Daizen Maeda (Matsumoto Yamaga), Reo Hatate (Juntendo University), Ayase Ueda (Hosei University).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya