Ini Bedanya Penghargaan Pemain Terbaik Eropa, Dunia dan Ballon d'Or

Ballon d'Or
Sumber :
  • REUTERS/Arnd Wiegman

VIVA – Penghargaan sepakbola di level individu sudah berlangsung sejak beberapa tahun silam. Seperti penghargaan pemain terbaik Eropa, Dunia dan Ballon d'Or.

Jadi Tersangka Kasus Korupsi, SYL Pamer Kementan Pernah Dapat 4 Penghargaan dari KPK

Namun masih banyak yang bingung dengan elemen dasar masing-masing penghargaan tersebut. Seperti yang berhak memilih dan kategori yang jadi dasar pemilihan.

Meski terlihat sama, namun nyatanya tiga penghargaan individu paling bergengsi di dunia ini ternyata memiliki perbedaan yang sangat mendasar.

Pemprov DKI Jakarta Raih Penghargaan 3 Provinsi Terbaik, Wujudkan Kota Berketahanan

Seperti dilansir dari berbagai sumber, berikut ini perbedaan penghargaan pemain terbaik Eropa, Dunia dan Ballon d'Or:

Penghargaan Pemain Terbaik Eropa (UEFA Men's Player of the Year Award)

Dukungan BUMN Bikin Olahraga Indonesia Semakin Moncer

Ini merupakan penghargaan tahunan yang digelar UEFA yang berkolaborasi dengan Europan Sports Media (ESM) dan Europan Association of Football Publication.

Penghargaan ini diberikan kepada pemain yang dianggap terbaik di klub Eropa di musim lalu. Berdasarkan performanya di klub dan di level timnas.

Pemilihan pemain terbaik dilakukan oleh 80 pelatih yang berpartisipasi di Liga Champions, 55 wartawan dan perwakilan dari tiap federasi Europan Sports Media.

Untuk tahun ini, penghargaan ini jatuh ke Luka Modric yang berperan atas sukses Real Madrid juara Liga Champions dan Kroasia jadi runnerup Piala Dunia 2018.

Penghargaan Pemain Terbaik Dunia (The Best FIFA Men's Player)

13 legenda sepakbola dunia menyeleksi 10 kandidat kuat peraih penghargaan pemain terbaik dunia. Selanjutnya, pemilihan tahap dua dilakukan oleh pemilik hak suara.

Sejumlah pemilik suara, seperti fans, wartawan, pelatih dan kapten timnas, akan memilih tiga besar kandidat kuat pemain peraih penghargaan ini.

Pemilihan berdasarkan performa pemain di level klub dan timnas pada musim lalu. Pemain yang memiliki poin terbanyak yang keluar sebagai pemenang.

Untuk penghargaan tahun ini, ada tiga kandidat yang terpilih. Yaitu Cristiano Ronaldo (Portugal), Luka Modric (Kroasia) dan Mohamed Salah (Mesir).

Dan pemenang dari tiga kandidat tersebut akan diumumkan pada 24 September 2018. Pengumuman akan berlangsung di London, Inggris.

Ballon d'Or

Ini menjadi penghargaan tertua dari tiga penghargaan bergengsi ini. Penghargaan ini digelar pertama kali pada 1956 oleh majalah olahraga Prancis.

Perbedaan besar penghargaan ini dengan dua penghargaan di atas adalah, di penghargaan ini berdasarkan performa pemain di satu tahun kalender, bukan musim lalu.

Pemilik suara dalam voting adalah anggota federasi jurnalis internasional yang akan memilih lima pemain dengan nilai berututan, 6, 4, 3, 2 dan 1 poin. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya