Momentum Kebangkitan Spanyol Usai Gagal di Piala Dunia

Para pemain Spanyol rayakan kemenangan.
Sumber :
  • REUTERS/Darren Staples

VIVA – Performa Spanyol di Piala Dunia 2018 lalu menjadi sorotan. Datang sebagai salah satu unggulan, La Furia Roja justru terseok dan tersingkir di babak 16 besar.

Hasil Lengkap: Timnas Portugal Keok dengan Ronaldo, Hujan 6 Gol Spanyol Vs Brasil

Kondisi Spanyol memang karut marut jelang Piala Dunia bergulir. Pelatih Julen Lopetegui dipecat hanya dua hari sebelum turnamen dimulai. Fernando Hierro ditunjuk sebagai pelatih sementara.

Spanyol masih mampu melaju ke babak 16 besar, sebagai juara Grup B. Namun, mereka harus tersingkir usai kalah 3-4 (1-1) lewat adu penalti, dari tuan rumah Rusia.

Mimpi Buruk Manchester United, Pemain Ini Cedera saat Perkuat Timnas Inggris

Dua bulan usai kegagalan tersebut, ujian datang untuk Spanyol di ajang UEFA Nations League. Mereka harus berhadapan dengan Inggris yang menjadi semifinalis Piala Dunia, Minggu dini hari WIB, 9 September 2018.

Tekanan untuk Spanyol bertambah, karena dalam laga yang berlangsung di Wembley tersebut, Inggris sukses unggul lebih dulu. Marcus Rashford mencatatkan namanya di papan skor di menit 11.

Bintang Manchester United Ini Jalani Debut Bersama Timnas Inggris

Spanyol akhirnya mampu membalikkan kedudukan. Dimulai gol Saul Niguez di menit 13, disusul gol Rodrigo Moreno di menit 32.

Spanyol pun memimpin klasemen Liga A Grup 4 dengan 3 poin. Selanjutnya, La Furia Roja akan menjamu finalis Piala Dunia 2018, Kroasia di Estadio Manuel Martinez Valero, Rabu dini hari WIB, 12 September 2018.

De Gea Tuai Pujian


Kemenangan atas Inggris menjadi momen pembuktian untuk kiper Spanyol, David De Gea. Maklum, dia dianggap sebagai kambing hitam kegagalan Spanyol di Piala Dunia lalu.

Kiper Spanyol, David De Gea.Salah satu penyelamatan De Gea adalah menggagalkan upaya Marcus Rashford di babak pertama. Pelatih Spanyol, Luis Enrique, pun tak ragu memujinya.

"Saya sangat senang dengan penampilan David. Dia adalah salah satu kiper terbaik di dunia, dan sudah membuktikannya di Premier League dalam beberapa pekan ini," kata Enrique dilansir Soccerway.

"Saya tak pernah meragukan dia. Terkadang kesalahan bisa membantu Anda untuk menjadi lebih baik," tegasnya.

Sementara itu, kritikan keras datang dari kapten Inggris, Harry Kane. Bomber Tottenham Hotspur ini menuding wasit asal Belanda, Danny Makkelie sebagai penyebab kekalahan Inggris. Sebab Makkelle menganulir gol penyeimbang Danny Welbeck di akhir laga. 

Sebelunya, Makkelie mengesahkan gol itu. Tapi dia kemudian menganulirnya setelah berdiskusi dengan asisten wasit di belakang gawang.

"100 persen (saya yakin itu gol yang sah). Di momen besar seperti itu, seharusnya wasit tetap kukuh kepada putusannya," keluh Kane seperti dilansir Tribal Football.

Makkelie menganulir gol Welbeck di masa injury time setelah menganggap striker Inggris itu melakukan pelanggaran terhadap kiper Spanyol, David De Gea.

"Danny hanya berdiri di sana. De Gea melompat menangkap bola tapi jatuh. Dan Danny tidak menjatuhkan siapapun saat itu," jelas Kane.

“Saya pikir kami pantas mendapatkan hasil imbang. Setidaknya kami memiliki penampilan yang bagus," lanjutnya.

Swiss Menang 6-0

Selain duel Inggris vs Spanyol, ada beberapa laga UEFA Nations League lain yang mencuri perhatian. Terutama di Liga A yang melibatkan tim-tim besar.

Yang paling memukau adalah penampilan Swiss di Grup 2. Tim besutan Vladimir Petkovic ini menghabisi Islandia 6-0 di Kybunpark, St Gallen. Ini menjadi kekalahan terbesar Islandia dalam 17 tahun terakhir.

Enam gol kemenangan tuan rumah dicetak Steven Zuber (13'), Denis Zakaria (23'), Xherdan Shaqiri (53'), Haris Seferovic (67'), Albian Ajeti (71'), dan Admir Mehmedi (82').

Di Grup 1, sempat terjadi duel dua tim raksasa Jerman melawan Prancis. Laga di Allianz Arena tersebut berakhir dengan skor imbang 0-0.

Lalu, ada duel Italia melawan Polandia di Grup 3. Gli Azzurri harus puas dengan skor imbang 1-1 di Stadio Renato Dall'Ara, Bologna.

UEFA Nations League masih akan bergulir hingga pertengahan pekan ini. Tentunya, aksi-aksi bintang top Eropa sangat dinanti.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya