6 Fakta Menarik Jelang Duel Real Madrid Vs AS Roma

Striker Real Madrid, Karim Benzema.
Sumber :
  • REUTERS/Javier Barbancho

 VIVA - Real Madrid akan menantang AS Roma pada laga perdana Grup G Liga Champions musim ini, Kamis 20 September 2018 dini hari WIB. Beberapa fakta menarik pun melatarbelakangi duel keduanya.

Jude Bellingham Bakal Jadi Legenda Real Madrid

Madrid selaku juara bertahan akan menjamu Roma di Santiago Bernabeu. Ini menjadi pertemuan ke-10 Los Blancos dengan pasukan I Lupi sejak September 2001.

Secara head to head, tim raksasa asal Spanyol itu memang unggul atas Roma. Dengan rincian, enam kemenangan, imbang sekali dan tiga kali menelan kekalahan.

Bicara Kekalahan dari Madrid, Bek Barcelona Silang Pendapat dengan Xavi

Namun, bukan perkara mudah juga buat menumbangkan Roma pada kali ini. Roma pada musim lalu menjadi tim kejutan dengan lolos ke semifinal usai menyingkirkan Barcelona.

Berikut fakta-fakta menarik Madrid Vs Roma, yang dilansir situs UEFA:

Zinedine Zidane Pilih Manchester United Ketimbang Bayern Munich

1.  Terakhir kali Madrid jumpa Roma adalah di babak 16 besar Liga Champions 2015/16. Madrid lolos dengan agregat 4-0 setelah menang 2-0 di Olimpico dan 2-0 di Bernabeu.

2.  Dalam laga kandang terakhirnya melawan klub Italia, Madrid kalah 1-3. Kekalahan itu didapatkan Los Blancos saat menjamu Juventus di leg kedua babak perempatfinal Liga Champions musim lalu, tapi mereka akhirnya lolos karena sebelumnya sudah menang 3-0 di Turin.

2. Madrid hanya kalah sekali dalam enam laga kandang terakhirnya melawan klub-klub Italia. Dengan rincian, menang empat kali, seri sekali dan kalah sekali.

3. El Real hanya kalah empat kali dalam 33 laga terakhirnya di kompetisi Eropa (Menang 22 kali, Seri 7 kali dan 4 kali kalah). Kekalahan yang keempat adalah dengan skor 2-4 melawan Atletico Madrid di UEFA Super Cup 2018.

4. Madrid menang 34 kali dan hanya kalah dua kali dalam 42 laga kandang terakhirnya di Liga Champions. Dua kekalahan itu adalah melawan Juventus musim lalu dan 3-4 melawan Schalke di leg kedua babak 16 besar musim 2014/15.

5.  Roma hanya menang tiga kali dalam 17 laga tandang terakhirnya di kompetisi Eropa, yakni 3 kali menang, seri 6 kali dan kalah 8 kali.

6. Roma menelan empat kekalahan dalam lima lawatan terakhirnya ke Spanyol. Satu-satunya pengecualian adalah kemenangan 4-0 atas Villarreal di babak 32 besar Liga Europa 2016/17, di mana Edin Dzeko mencetak hat-trick.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya