UEFA Akhirnya Bakal Terapkan VAR di Liga Champions

Teknologi Video Assistant Referee (VAR) di Piala Dunia 2018.
Sumber :
  • REUTERS/Sergio Perez

VIVA – Asosiasi Sepakbola Eropa (UEFA) akhirnya setuju untuk menerapkan teknologi VAR (Video Assistant Referee) di Liga Champions. Tapi teknologi ini baru akan diterapkan musim depan.

Buang Kutukan 0 Trofi, Harry Kane Harus Bawa Bayern Munich Juara Liga Champions

Presiden UEFA, Aleksander Ceferin mengakui, enggan terburu-buru menerapkan teknologi VAR di Liga Champions musim ini. Sebab, butuh proses adaptasi.

"Kami yakin dengan menerapkan VAR mulai Agustus 2019 mendatang, akan memberi kita waktu cukup untuk membuat sistem yang kuat dan juga melatih perangkat pertandingan," kata Ceferin, seperti dilansir Tribal Football, Kamis 27 September 2018. 

Kata Guardiola Usai Manchester City Disingkirkan Real Madrid

"Ini demi memastikan implementasi VAR yang efisien dan berhasil di Liga Champions, atau kompetisi elite lainnya," lanjut Ceferin.

Tidak hanya di Liga Champions, VAR juga akan diterapkan di sejumlah kompetisi elite Eropa, mulai musim depan. Seperti Piala Super Eropa 2019.

Drama Adu Penalti, Ini 5 Fakta Real Madrid Pulangkan Manchester City di Liga Champions

Sementara VAR baru akan diterapkan di ajang Piala Eropa pada tahun 2020. Di Liga Europa dan Nations League, VAR baru akan diterapkan pada 2021.

Langkah UEFA sendiri, terbilang tertinggal. Sebab sejumlah liga-liga domestik Eropa telah menerapkan teknologi ini terlebih dulu. (ren)
 

Duel Inter Milan vs Salzburg

Kuota Eropa Lengkap! Berikut 24 Tim yang Pastikan Tiket ke Piala Dunia Antarklub 2025

Klub Austria, RB Salzburg menjadi tim Eropa ke-12 dalam Piala Dunia Antarklub 2025 setelah Arsenal kalah dari Bayern Munich pada babak perempat final Liga Champions.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024