Inggris Tak Bisa Cetak Gol, Southgate Malah Sebut Kreatif

Manajer Timnas Inggris, Gareth Southgate (tengah)
Sumber :
  • Twitter/@England

VIVA – Timnas Inggris kembali gagal memetik kemenangan saat kembali berhadapan dengan Kroasia. Bertandang ke Stadion Rujevica, Rijeka, dalam laga UEFA Nations League, armada The Three Lions hanya mampu bermain imbang 0-0, Sabtu 13 Oktober 2018 dini hari WIB.

Termasuk Zinedine Zidane, Ini 5 Pelatih Pengganti Erik Ten Hag di Manchester United

Inggris gagal mencetak angka dalam laga ini, meskipun menurunkan penyerang utama yang berstatus top scorer Piala Dunia 2018. Seperti yang diketahui, Inggris kerap kesulitan jika berhadapan dengan Kroasia. Seperti dalam laga ini, yang merupakan partai ulangan semifinal Piala Dunia 2018.

(Baca Juga: Duel Kroasia Kontra Inggris Berakhir Tanpa Pemenang)

Pemain Jagoan Inggris Persenjatai Diri Rumahnya dengan Perlengkapan 'Kelas Militer' Selama EURO 2024

Anehnya, Gareth Southgate justru menyebut anak buahnya bermain kreatif. Padahal, tak satu gol pun bisa dibuat anak asuhnya dalam laga ini.

"Akan ada lebih banyak perhatian jika kami tidak bisa menciptakan peluang. Kami menunjukkan permainan yang baik dan bermain kreatif. Kami harus terus berada dalam situasi seperti itu," kata Southgate kepada BBC Radio 5.

Reaksi Erik Ten Hag Dengar Isu Bakal Dipecat Manchester United

Selain itu, yang jadi sorotan dalam laga ini ialah formasi yang digunakan Southgate. Sebelumnya, Southgate biasa bermain dengan menggunakan tiga bek. Akan tetapi dalam laga ini, mantan pemain Timnas Inggris ini menggunakan empat bek.

Menurut Southgate, formasi ini adalah yang paling pas untuk meladeni Kroasia. Selain itu menurutnya, ia tak mau timnya terlihat kaku dan hanya terbiasa tampil dengan menggunakan satu formasi saja.

"Saya pikir kami seharusnya tidak kaku dengan hanya memiliki satu cara bermain (formasi)," ujar Southgate melanjutkan 

"Kami ingin menjaga kontinuitas di bulan September (menang atas Swiss). Tetapi hari ini, kami merasa sistem ini adalah cara terbaik untuk pertandingan ini. Para pemain melakukannya dengan baik. Berarti kami bisa lebih menekan lini tengah mereka dan kami bisa menguasai (penguasaan bola) lebih tinggi di atas lapangan," katanya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya