Ketika Cakar Inggris Bikin Spanyol Terkapar

Pemain Inggris, Raheem Sterling rayakan gol.
Sumber :
  • https://twitter.com/England

VIVA – Inggris sukses memetik kemenangan penting saat menghadapi tuan rumah Spanyol di UEFA Nations League A Grup 4, Selasa dini hari lalu, 16 Oktober 2018. 

Ini Bintang Muda Masa Depan Manchester United yang Piawai Baca Al Quran

Skuat besutan Gareth Southgate ini menang tipis 3-2 atas Spanyol dalam pertandingan yang berlangsung di Estadio Benito Villamarin, Sevilla. 

Raheem Sterling membuka keunggulan Inggris di menit ke-16. Berawal dari umpan silang Marcus Rashford dari sisi kiri yang bisa dimaksimalkan Sterling.

Ini Sosok yang Bikin Bek Arsenal Tolak Timnas Inggris

Inggris sukses menggandakan keunggulan di menit ke-29. Kali ini, giliran Rashford yang mencatatkan namanya di papan skor usai menyambut umpan Harry Kane.

Inggris semakin menggila di menit ke-38. Untuk kali kedua, Sterling mengoyak gawang De Gea. Kali ini, lewat tendangan jarak dekat, usai menerima sodoran Kane.

Gegara Sakit Hati, Bintang Arsenal Ini Menolak Gabung Timnas Inggris

Tertinggal tiga gol di babak pertama, Spanyol tampil lebih agresif di babak kedua. Hasilnya, Inggris dipaksa bermain lebih banyak bertahan.

Upaya Spanyol membuahkan hasil di menit ke-58. Tandukan Paco Alcacer bersarang di gawang Inggris, usai menerima sepak pojok Marco Asensio.

Spanyol terus menyerang pertahanan The Three Lions di sisa laga. Namun La Furia Roja hanya bisa mencetak satu gol. Tepatnya di menit 90+7.

Gol kedua Spanyol tercipta lewat tandukan Sergio Ramos. Sayang, gol tersebut sudah terlambat. Spanyol tetap kalah 2-3 di kandang sendiri.

Hasil ini membawa Inggris menempati posisi 2 Grup 3 dengan 4 poin dari 3 laga. Meski kalah, Spanyol belum tergusur dari puncak klasemen dengan 6 poin.

Kemenangan Membanggakan

Manajer Timnas Inggris, Gareth Southgate

Manajer Inggris, Gareth Southgate, puas melihat penampilan skuat asuhannya usai mengalahkan Spanyol. Dia mengatakan, para pemain patut bangga atas kemenangan ini. 

Southgate tidak mempermasalahkan soal gol balasan dari Spanyol. Baginya, kemenangan timnya di pertandingan ini sudah cukup membuatnya senang.

“Para pemain layak bangga dengan kinerja mereka ini. Kami berbicara pada pemain sebelum laga untuk mengingatkan mereka apa ancaman yang dihadapi," katanya kepada BBC.

"Dan mereka telah menujukkan performa luar biasa. Kemudian kami berikan para pemain kami kebebasan untuk tampil berani dan kami melakukannya dengan baik," jelasnya.

Pemain Inggris rayakan gol Raheem Sterling.

Sementara itu, kemenangan ini juga bermakna ganda bagi Raheem Sterling. Ia untuk pertama kalinya mencetak brace bagi The Three Lions sejak melakoni debut pada 2012 lalu.

Kemenangan ini juga melanjutkan tren positif Inggris. Harry Kane Cs tidak terkalahkan di tiga pertandingan terakhir (2 menang, 1 imbang).

Sebelum menaklukkan Spanyol, Inggris sukses memperdaya Swiss 1-0 (12 September 2018) dan menahan imbang Kroasia 0-0 (13 Oktober 2018).

Tren positif ini tentu saja diharapkan berlanjut saat Inggris menghadapi Amerika Serikat di laga ujicoba dan Kroasia di UEFA Nations League, November 2018 mendatang. 

Spanyol Terkapar, Enrique Meradang

Pelatih Timnas Spanyol, Luis Enrique

Sementara itu, di sisi lain, pelatih Spanyol, Luis Enrique, sangat kecewa dengan kepemimpinan wasit di laga ini. Dia menilai Spanyol pantas dapat penalti.

Enrique menilai, aksi kiper Inggris, Jordan Pickford, yang mendorong Rodrigo Moreno semestinya diganjar penalti. Tapi wasit tetap melanjutkan laga.

“Ini akan menjadi sesuatu yang sulit untuk wasit yang mengambil keputusan pertama dan kedua," kata Enrique seperti dikutip BBC.

"Itu jadi momen penting untuk Inggris karena kami tidak diberi penalti oleh wasit. Tapi itulah sepakbola,” lanjut mantan pelatih Barcelona itu.

Enrique juga mengakui timnya tak mampu mengembangkan permainan. Sergio Ramos Cs juga banyak melakukan kesalahan di babak pertama hingga tertinggal tiga gol.

Pemain belakang Timnas Spanyol, Sergio Ramos

“Kami banyak melakukan kesalahan di semua lini. Kami kehilangan peluang untuk menang dan Inggris bermain sangat baik, terutama di babak pertama,” ucap Enrique.

“Laga di babak pertama benar-benar menyedihkan, kami harus mengakui itu.  Ini kekalahan yang sulit dan kami harus menerimanya,” ujarnya menambahkan.

Sementara itu, ini menjadi kekalahan pertama Spanyol besutan Enrique. Sebelumnya Spanyol menang beruntun di tiga pertandingan terakhir.

Sebelumnya, Spanyol menaklukkan Inggris 2-1 dan membantai Kroasia 6-0 pada September 2018 silam dan melumat Wales 4-1 pada 12 Oktober 2018 lalu.

Spanyol selanjutnya akan menghadapi Kroasia dalam lanjutan UEFA Nations League dan Bosnia Hezegovina di laga ujicoba pada November 2018 mendatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya