AFC Selidiki Kasus Salah Putar Lagu Kebangsaan Korsel dengan Korut

Pertandingan Timnas Korea Selatan vs Jordania di Piala Asia U-19
Sumber :
  • the-afc.com

VIVA – Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) berjanji akan melakukan penyelidikan terkait kasus pemutaran lagu kebangsaan Korea Utara saat Timnas Korea Selatan melawan Jordania di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Senin 22 Oktober 2018.

Hasil Lengkap: Korsel Lolos ke Piala Dunia, Arema FC Aman di Puncak

Insiden yang terjadi pada laga kedua Grup C Piala Asia U-19 itu menimbulkan kontroversi. Para pemain Korsel sempat dibuat bingung, namun staf pelatih dan manajer langsung gerak cepat meminta kepada panitia pelaksana untuk menghentikannya.

"AFC mengakui bahwa ada kesalahan dalam memutar lagu kebangsaan Korsel sebelum pertandingan melawan Jordania," demikian pernyataan resmi AFC dikutip dari laman resminya.

Arema FC Diganjar Sertifikat AFC Club Licensing 2021

"Kesalahan memutar lagu kebangsaan segera dihentikan. Penyelidikan atas kesalahan itu terus dilakukan."

AFC juga meminta maaf kepada Timnas Korea Selatan dan federasi sepakbolanya (KFA). Mereka memastikan kejadian seperti ini tidak akan terulang lagi.

Momen saat Shin Tae-yong Jadi Lawan Timnas Indonesia

KFA dalam pernyataan resminya menyayangkan adanya masalah ini. Menurut mereka, kejadian salah putar lagu kebangsaan menjadi yang pertama kali dialami selama ajang sepakbola internasional.

Sedangkan PSSI selaku tuan rumah Piala Asia U-19 juga sudah memberi pernyataan. Menurut mereka, kesalahan ada pada operator audio, karena keliru memasukan lagu.

Pemain Timnas Korea Selatan rayakan gol

15 Tim Kantongi Tiket ke Piala Dunia 2022, Siapa Saja?

Korea Selatan jadi tim terakhir yang lolos ke Piala Dunia 2022. Selain Korsel, siapa saja tim yang sudah lolos?

img_title
VIVA.co.id
2 Februari 2022