Bos Kroasia Ungkap Kunci Sukses Hentikan Messi

Philippe Coutinho dan Lionel Messi merayakan gol Barcelona
Sumber :
  • Twitter/@FCBarcelona

VIVA – Pelatih Timnas Kroasia, Zlatko Dalic, membeberkan rahasia terkait keberhasilan timnya menghentikan Lionel Messi pada Piala Dunia 2018 lalu. Kuncinya adalah membuat Messi sama sekali tak mendapatkan bola.

Lionel Messi Butuh Bantuan 'Orang Dalam' untuk Tampil di Piala Dunia Antarklub 2025

Seperti diketahui, kala itu Kroasia dan Argentina tergabung di Grup D. Kedua tim bertemu pada laga kedua di fase grup.

Hasilnya, Luka Modric cs berhasil mengeksploitasi Messi yang kerap tampil loyo bersama La Albiceleste. Peraih lima Ballon d'Or itu tak bisa berbuat banyak di hadapan para pemain bertahan Kroasia.

Comeback Usai Cedera, Lionel Messi Langsung Bikin Gol! Tapi Inter Miami ...

Menurut Dalic, itu semua lantaran anak-anak asuhnya mampu menerapkan permainan kolektif sepanjang 90 menit. Terutama, dalam mengadang pergerakan pemain berjuluk La Pulga itu di atas lapangan. Buktinya, Kroasia sukses membantai Argentina 3-0.

"Bagi saya, Messi adalah pemain terbaik di dunia. Dan dia menunjukkannya setiap pekan. Lebih sulit bagi Messi untuk tampil bersama Argentina dibandingkan Barcelona. Dan kami mencoba untuk mengeksploitasi apa yang menjadi kelemahan dia di tim Argentina," kata pelatih 52 tahun itu dikutip Mirror.

Siap-siap! Lionel Messi Comeback Pagi Ini Usai Sebulan Cedera

"Kuncinya adalah bermain disiplin dan mengikuti strategi yang kami rencanakan sepenuhnya. Dan pemain kami berhasil menghentikan bola untuk mencapai Messi dan menghentikannya dengan cepat di area di mana dia biasanya mendapatkan bola," ungkap dia.

Dalic menambahkan jika sepakbola adalah permainan tim. Satu pemain tak akan bisa mengalahkan 11 pemain yang ada di dalam lapangan.

"Sebagus apa pun Messi, sepakbola adalah permainan tim. Dan jika performa satu tim lebih baik dibandingkan tim lainnya maka akan sulit bagi satu pemain untuk mengubah permainan," jelasnya. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya